Ibu Hamil? Wajib Baca Pencegahan Terhadap Toksoplasma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan masa-masa yang ditunggu oleh banyak pasangan, terutama seorang wanita. Kehadiran anak dalam keluarga adalah hal yang sangat ditunggu karena saat anak lahir maka sebuah keluarga dapat dibilang sudah lengkap. Maka dari itu, kehamilan harus dijaga baik oleh ibu hamil, suaminya dan lingkungan sekitar.

Apa yang ditakuti oleh ibu hamil? Tentu saja penyakit. Toksoplasma merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Karena toksoplasma merupakan parasit yang berbentuk tachizoit, toksoplasma dapat berbahaya terdapat janin yang dikandung ibu hamil. Bagaimana cara menghindari ibu hamil dari penyakit selama hamil? Anda dapat membaca tips ampuh ini untuk menghindari toksoplasma pada ibu hamil.

  1. Hindari Makanan Mentah

Anda penyuka makanan setengah matang atau mentah seperti telur setengah makan, sushi dan lain-lain? Selama hamil sebaiknya dihindari makanan yang belum benar-benar matang dikarenakan bakteri toksoplasmasis dapat menyelinap kedalam masakan yang belum matang. Apabila anda terbiasa memasak daging sendiri dengan temperatur 71o-81o karena pada suhu tersebut biasanya daging akan matang sempurna. Jangan lupa sebelum dimasak, daging dibekukan dulu didalam freezer karena dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada pada daging.

  1. Jaga Makanan & Minuman Anda Dari Hewan

Rumah anda terdapat kecoa, kucing, cecak, dan hewan lain? Tutupi makanan anda dengan tudung saji atau pelindung lainnya. Selain terhindar dari toksoplasma, anda sekeluarga dapat terhindar dari penyakit lainnya.

  1. Cuci Tangan

Hal yang paling sering dilupakan namun sangat bermanfaat. Cuci tangan sebelum memegang makanan atau memegang bagian wajah karena akan mengurangi bakteri yang ada ditangan. Bila bepergian jauh jangan lupa membawa hand sanitizer.

  1. Punya Hewan Peliharaan? Segera Periksa Secara Berkala

Anda punya si manja kitty dirumah? Atau anjing Siberian husky yang super menggemaskan? Jangan lupa untuk memeriksa kesehatan mereka secara berkala ke dokter hewan terdekat. Apalagi dalam kondisi anda yang sedang hamil, tidak hanya anda. Mereka pun butuh perawatan agar terhindar dari penyakit yang mungkin nantinya akan menulari anda.

  1. Periksa Kesehatan Anda

Makan dan minuman sudah dijaga, kebersihan sudah dijaga, dan peliharaan anda yang menggemaskan pun sudah aman kebersihannya. Sekarang giliran anda, periksalah kesehatan anda secara berkala. Jangan lupa banyak bertanya pada dokter mengenai penyakit ini. Jangan disepelekan, jauhi dan hidup sehat mulai sekarang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY