Ibu Sedang Hamil Dianjurkan untuk Menghindari Beberapa Pekerjaan Rumah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika pekerjaan rumah tangga menjadi rutinitas sehari-hari yang dihadapi perempuan. Hal ini mungkin bisa menjadi masalah ketika kondisi tubuh sedang tidak fit atau sedang menjalani masa kehamilan.

Kehamilan adalah salah satu fase yang akan dihadapi oleh wanita yang sudah menikah. Bila saat hamil aktivitas ibu hanya berada di dalam rumah, maka dianjurkan untuk menghindari beberapa pekerjaan rumah tangga berikut ini.

  • Ibu hamil memindahkan perabotan rumah tangga yang berat

Seperti yang diketahui jika pada trimester pertama, ibu hamil masih diperbolehkan untuk memindahkan perabotan rumah tangga. Namun setelah lebih dari trimester, ibu hamil dianjurkan untuk tidak memindahkan perabotan-perabotan rumah tangga yang berat.

Hal tersebut dikhawatirkan bisa meningkatkan tekanan pada kaki atau punggung sehingga menyebabkan resiko cedera. Bila memang terpaksa harus memindahkan perabotan, maka pastikan kaki dan punggung dalam keadaan terlindungi.

  • Ibu hamil menyemprot obat anti serangga

Aktivitas menyemprot obat anti serangga juga dianjurkan untuk dihindari oleh ibu hamil. Pasalnya kandungan insektisida yang terdapat dalam obat tersebut dapat masuk ke tubuh ibu hamil melalui aliran darah. Tentu saja hal ini bisa membahayakan janin. Zat racun yang terdapat dalam pestisida bisa mengancam janin di kandungan.

  • Ibu hamil mengecat dinding rumah

Bila suami atau istri ingin mengecat perabotan dan dinding di rumah, alangkah baiknya ditunda hingga bayi lahir. Pasalnya ibu hamil tidak baik berada dalam ruangan yang baru dicat karena paparan zat kimia akan membawa dampak negatif jika terhirup. Ibu hamil bisa mengalami pusing, sakit kepala, hingga sakit perut.

  • Ibu hamil membersihkan kandang binatang peliharaan

Hewan peliharaan juga dapat menyebarkan virus yang membahayakan bagi janin dan ibu. Salah satunya virus toksoplasmosis yang berasal dari bulu atau kotoran binatang. Bila ibu hamil terserang toksoplasma, maka dapat menyebabkan masalah pada janin. Alhasil hindari aktivitas membersihkan kandang hewan ternak sendirian.

  • Ibu hamil mengganti wadah sampah

Ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas tersebut karena memiliki resiko terkena virus toksoplasmosis. Pasalnya di tempat sampah bisa saja banyak bakteri atau kuman yang menempel, sehingga cukup berbahaya jika terhirupoleh ibu hamil.

  • Ibu hamil menggunakan carian kimia

Ibu hamil juga harus berhati-hati saat memakai carian pembersih. Pasalnya carian-carian tersebut memiliki kandungan bahan kimia yang kuat, sehingga cukup berbahaya bagi janin dalam kandungan.

  • Ibu hamil membersihkan kipas di langit-langit

Ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan aktivitas terlalu tinggi seperti membersihkan kipas pada langit-langit rumah. Aktivitas tersebut sangat berbahaya karena membuat ibu hamil harus memanjat, sehingga memiliki resiko terjatuh.

  • Ibu hamil berdiri cukup lama dalam beraktivitas

Pekerjaan rumah tangga yang mengharuskan ibu hamil berdiri cukup lama, dianjurkan untuk dihindari. Misalnya saja mengepel, menyapu, hingga mengecat. Pasalnya berdiri dalam waktu yang lama bisa menambah tekanan pada punggung dan kaki. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here