Ibu Wajib Tahu, Manfaat Kencur pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak kenal kencur? Tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan dirumah, masih satu kerabat dengan kunyit dan jahe. Kencur juga merupakan tanaman legendaris yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu-jamuan dan sering disebut dengan kaemferia galanga. Namun, selain memiliki manfaat sebagai penyedap, kencur juga berkhasiat untuk kesehatan bayi dan anak anda dirumah. Sudah banyak ahli farmakologi yang mengakui khasiat kencur untuk mengobati beberapa keluhan pada bayi.

Penasaran? Silakan baca beberapa manfaat kencur berikut ini:

  1. Menghangatkan Tubuh Bayi

Bayi anda sering menangis karena kedinginan? Kalau iya, anda bisa menggunakan kencur untuk menghangatkan bayi anda. Kencur mengandung minyak atsiri yang mempunyai manfaat seperti analgesic yang dapat menghangatkan tubuh ada bayi. Anda dapat menyiapkan beberapa buah kencur, menumbuknya hingga halus, dan diperas. Setelah itu oleskan pada kulit bayi anda agar bayi tidak kedinginan lagi dan dapat nyenyak tidur.

  1. Menghilangkan Pegal

Anak anda adalah anak yang aktif dan ceria? Tentu mereka akan sering merasa lelah setelah beraktifitas. Tidak perlu cemas, anda dapat menggunakan parutan kencur agar anak anda merasa tenang karena pegal dan rasa nyeri ditubuhnya sudah hilang.

  1. Membantu Mengobati Penyakit

Anak anda sering rewel karena sakit? Kencur juga dapat mengobati masalah kesehatan pada anak dan bayi. Flu, pilek, cacingan, diare, muntah dan kembung.

  1. Meningkatkan Imunitas

Kencur memiliki ekstrak methanol yang dapat meningkatkan sistem imunitas pada bayi. Virus dan bakteri yang tumbuh pada tubuh anak dapat dimusnahkan oleh zat methanol.

Cara penggunaannya:

  1. Untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal pada bayi, anda dapat menyiapkan beberapa buah kencur, diparut dan peras airnya. Air perasan pada kencur bermanfaat untuk menghangatkan dan menghilangkan pegal.
  2. Untuk mengobati penyakit dan imunitas, air perasan dari kencur yang diparut dapat diberikan pada anak untuk diminum. Untuk menyedapkan rasa, anda dapat menambahkan perasan lemon dan madu agar anak mau mengkonsumsinya. Sedangkan untuk mengurangi bau kencur, anda dapat menambahkan daun panda atau vanili.

Hendaknya, anda selalu menyiapkan ramuan tradisional untuk mengobati sakit anak. Mengapa demikian? Karena pada umumnya anak dibawah usia satu tahun belum mampu apabila harus mengkonsumsi obat dari kimia. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter mengenai kesehatan anak. Selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY