Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada bayi atau anak-anak yang baru lahir, kesehatan tubuhnya sangat perlu diperhatikan dan dijaga. Karena daya tahan tubuh mereka yang masih lemah dan membutuhkan asupan gizi serta vitamin yang cukup untuk menambah daya tahan mereka.

Sebagai orang tua kita perlu mengetahui jenis-jenis dan pentingnya sebuah imunisasi, dewasa ini banyak sekali penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan mengenai imunisasi dan kesehatan bayi. Namun, beberapa kasus seperti vaksin palus meneyebabkan para orangtua menjadi takut dan ragu untuk memberikan imunisasi bagi bayi.

Imunisasi sangat penting diberikan kepada bayi sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit yang mungkin dapat menyerang. Salah satu jenis imunisasi adalah imunisasi BCG, BCG sendiri merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC). Pemberian imunisasi BCG pada bayi di Indonesia umumnya dilakukan pada usia bayi baru lahir dan paling lambat diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan.

Tahukah Anda jika Imunisasi BCG termasuk kedalam 5 imunisasi yang diwajibkan. Ketahanan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis) berkaitan dengan keberadaan virus tubercel bacili yang hidup di dalam darah. Itulah mengapa, agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkanlah jenis basil tak berbahaya ke dalam tubuh.

Kebanyakn orang tua tidak mengetahui efek samping dari pemberian imuniasasi, setelah mendapat imunisasi BCG Anda tidak perlu panik apabila muncul seperti luka melepuh di lokasi  suntikan. Luka atau benjolan tersebut tak jarang terasa sakit dan lebam selama beberapa hari. Namun, setelah 2-6 minggu titik suntikan dapat membesar hingga diameter 7 mm dan mengeras karena cairan yang berada di permukaan mengering. Kemudian meninggalkan bekas luka yang kecil.Sebagian bayi dapat saja mengalami bekas luka yang lebih berat, namun umumnya akan sembuh setelah beberapa minggu.

BCG sangat jarang menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi anafilaktik. Tapi tetap lebih baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jika timbul alergi. Lakukan imunisasi dengan tenaga ahli terlatih yang mengetahui penanganan alergi dengan tepat. Untuk dosis imunisasi BCG sendiri adalah sebanyak 0,05 ml untuk bayi di bawah usia satu tahun. Umumnya penyuntikan imunisasi dilakukan pada lengan bagian kiri atas. Lengan bagian tersebut tidakboleh diberikan imunisasi lain minimal selama tiga bulan.

Meski tergolong imunisasi wajib, ada beberapa kondisi bayi yang membuat pemberian imunisasi BCG perlu ditunda, seperti :

  • Demam tinggi.
  • Infeksi kulit.
  • HIV positif.
  • Pengobatan kanker atau kondisi lain yang memperlemah sistem imunitas.
  • Diketahui mengalami reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG.
  • Bayi yang pernah terkena tuberkulosis atau berada di rumah dengan salah seorang anggota keluarga terjangkit tuberkulosis.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setelah penyuntikan akan muncul bisul kecil dan bernanah di daerah bekas suntikan setelah 4-6 minggu.Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya hal ini tidak menimbulkan nyeri dan tidak diiringi panas. Bisul akan sembuh sendiri dan meninggalkan luka parut. Jangan cemas jka bisul tidak muncul, hal ini sbsa saja dikarenakan cara penyuntikan yang salah, mengingat cara penyuntikan perlu kehlian khusus karena vaksin harus masuk ke dalam kulit. Apalagi bila dilakukan di paha, proses menyuntiknya lebih sulit karena lapisan lemak di bawah kulit paha umumnya lebih tebal.

Meskiun bisul tidak muncul, antibodi tetap terbentuk, hanya saja dalam kadar rendah. Imunisasi BCG pun tak perlu diulang, karena di daerah endemis TB, infeksi alamiah akan selalu ada. Dengan kata lain, anak akan mendapat vaksinasi alamiah.

Imunisasi BCG merupakan tindakan yang penting untuk melindungi kesehatan bayi. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti kondisi bayi sebelum melakukan imunisasi dan tenaga ahli yang melakukan imunisasi. Jika ,memang diperlukan, berkonsultailah dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan solusi terbaik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY