Infeksi HPV (Human Papilloma Virus) pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak informasi tentang virus HPV (human papilloma virus), bahwa virus ini ada pada perempuan. Kita berpikir demikian karena kita kenal virus ini meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Virus HPV pada pria dapat menyebabkan masalah kesehatan juga. Sangat penting bagi pria untuk memahami bagaimana untuk mengurangi risiko infeksi HPV.

Infeksi HPV dapat meningkatkan risiko pria terkena kanker kelamin, meskipun kanker ini tidak umum. HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin pada pria, seperti pada wanita.

Lebih dari separuh pria yang aktif secara seksual di Amerika Serikat akan terdapat virus HPV pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Seringkali, virus itu hilang dengan sendirinya, tanpa menyebabkan masalah kesehatan.

Risiko virus HPV pada pria

Beberapa dari 30 atau lebih jenis HPV yang terkait dengan kanker genital dapat menyebabkan kanker anus atau penis pada pria. Kedua jenis kanker ini jarang, terutama pada pria dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. The American Cancer Society memperkirakan sekitar 1.570 orang di Amerika Serikat didiagnosis dengan kanker penis pada tahun 2012. Sekitar 2.250 orang diperkirakan telah didiagnosis kanker dubur pada tahun 2012 juga.

Risiko kanker dubur adalah sekitar 17 kali lebih tinggi pada pria gay dan biseksual aktif secara seksual dibandingkan pria yang berhubungan seks hanya dengan perempuan. Pria yang memiliki HIV (human immunodeficiency virus) juga berisiko lebih tinggi terkena kanker ini.

Jenis-jenis virus HPV lainnya jarang menyebabkan kanker pada pria, tetapi virus tersebut menyebabkan kutil kelamin. Pada titik waktu tertentu, sekitar 1% dari pria yang aktif secara seksual di Amerika Serikat akan memiliki kutil kelamin.

Gejala virus HPV pada pria

Jenis-jenis HPV risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker jarang menghadirkan gejala pada pria atau wanita. Kutil kelamin adalah gejala pertama yang Anda temui dengan HPV bertegangan risiko rendah yang menyebabkan kutil tapi bukan kanker.

Tes infeksi HPV pada pria

Untuk mendiagnosa kutil kelamin pada pria, dokter akan memeriksa secara visual area genital pria untuk melihat apakah kutil hadir. Beberapa dokter akan menerapkan solusi cuka untuk membantu mengidentifikasi kutil yang tidak terlihat. Tetapi tes ini tidak mudah. Kadang-kadang kulit normal keliru teridentifikasi sebagai kutil.Tidak ada tes rutin bagi pria untuk memeriksa HPV risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker. Namun, beberapa dokter mendesak tes Pap dubur untuk gay dan biseksual laki-laki, yang berada pada risiko yang lebih tinggi dari kanker dubur yang disebabkan oleh HPV. Dalam tes Pap dubur, dokter mengumpulkan sel dari anus, dan kemudian sel tersebut diperiksa untuk kelainan di laboratorium.
Untuk lebih jelas, anda bisa menghubungi dokter kulit dan kelamin. Pemeriksaan bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit yang jauh lebih parah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here