Ini yang Terjadi Bila Remaja Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minumn bersoda sungguh menggoda di tengah udara dan cuaca yang panas. Selain rasanya yang nikmat, sensasi minuman bersoda juga memberi kesan berbeda dibandingkan minuman yang lain. Namun, di balik kenikmatan tersebut, minuman bersoda bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Minuman bersoda cukup digemari oleh orang-orang dari berbagai latar belakang, termasuk remaja. Sayangnya, terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda bisa berakibat buruk bagi remaja. Dampak buruk ini tidak selalu langsung dirasakan, namun baru terlihat beberapa tahun kemudian.

Inilah beberapa dampak buruk akibat terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda:

  • Merusak ginjal

Pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal karena dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi.

  • Merusak gigi

Kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda dapat membuat gigi rusak, bahkan dapat membusuk.

  • Meningkatkan risiko obesitas

Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan memungkinkan tubuh mengalami obesitas.

  • Menurunkan kualitas sperma

Pria yang mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering dapat mengalami penurunan kualitas sperma. Hal ini tentu dapat menyebabkan kemandulan bagi pria tersebut.

  • Gangguan pada jantung

Kandungan natrium pada minuman ini dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan.

  • Merapuhkan tulang

Sebuah studi kecil di Kanada yang dipublikasikan pada tahun 2001 menemukan, para remaja yang meminum banyak air bersoda (bukan sparkling water) memiliki kandungan kalsium yang kurang dalam tulang mereka.

  • Meningkatkan produksi urine

Efek negatif dari minuman bersoda lainnya ialah meningkatkan produksi urine. Mineral yang harusnya diserap oleh tubuh justru diolah menjadi urine dan memberi efek dehidrasi.

  • Menipiskan lapisan lambung

Lambung yang mengandung asam yang sangat keras dapat terkikis lapisannya. Hal ini menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Dampaknya adalah rasa mulas, sakit perut, atau meningkatkan produksi gas dalam lambung.

  • Memicu penyakit asam surat

Kandungan fruktosa pada minuman bersoda juga bisa memicu penyakit asam urat.

  • Menyebabkan penuaan dini

Kandungan asam pada minuman bersoda juga membuat kulit menjadi keriput alias terjadi penuaan dini.

  • Memicu diabetes

Pada umumnya, minuman bersoda dapat menyebabkan diabetes karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi.

  • Membuat tubuh rentan sakit

Kandungan berbahaya dalam minuman bersoda dapat membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit. Hal ini karena kandungan berbahaya dalam minuman bersoda bisa membuat virus dan bakteri untuk berkembang di dalam tubuh.

Jadi, mulai saat ini, berhati-hatilah. Anda harus memahami bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang tidak boleh disepelekan oleh tubuh. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here