Inilah Alasan Mengapa Remaja Rentan Secara Psikologis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, mengapa banyak orang bertanya jika usia remaja ialah usia yang paling rentan secara psikologis?

Mengapa Remaja Rentan Secara Psikologis?

Banyak Pembaca yang merasa resah akan sikap remaja yang sangat rentan dalam hal psikologis. Alasannya beragam, tapi orangtua memang harus lebih detail mengamati putra-putrinya. Alasan tersebut sebagai berikut:

  1. Masa Pubertas

Remaja yang sedang mengalami pubertas mulai mengalami berbagai macam perubahan. Baik itu secara fisik, psikologis, perilaku, pola pikir, dan emosi. Perubahan yang terjadi pada remaja membutuhkan bimbingan yang baik agar tidak salah arah. Emosional yang tidak stabil yang terjadi pada remaja seingkali membuat remaja justru terbentuk menjadi seorang yang emosional dan mudah terbawa perasaan.

2. Kurangnya Perhatian

Masa remaja ialah masa yang paling rentan secara psikologis. Banyak remaja yang mulai berontak terhadap orangtuanya karena merasa tidak diperhatikan. Kurangnya perhatian remaja dari orangtuanya sangat membuat mental remaja terganggu dan cenderung mencari perhatian di tempat lain dengan melakukan banyak hal kenakalan maupun terjun ke dunia pergaulan yang menurutnya perlu.

3. Perceraian Orangtua

Perceraian orangtua sangat berpengaruh terhadap rentannya psikologis anak. Banyak anak yang merasa jatuh, terpukul, dan kecewa menerima keadaan orangtuanya sehingga psikologis mereka terganggu dan sangat rentan untuk masuk ke dunia yang salah.

4. Kondisi Rumah yang Tidak Harmonis

Sikap orangtua sangat mempengaruhi tumbuh kembang psikologis remaja. Anak yang sedari kecil sering dihajar dan dipukuli oleh orangtuanya akan terbentuk psikologis yang rentan lebih kasar dan seringkali akan terlibat perkelahian di sekolah. Psikologis remaja akan sangat rentan meniru perilaku dan sikap orangtuanya.

5. Kurangnya Kondisi Perekonomian

Tidak bisa dipungkiri lagi, perekonomian orangtua atau perekonomian keluarga yang kurang atau bahkan carut-marut juga membuat banyak remaja yang psikologisnya rentan untuk merasa stres. Banyak remaja yang minder di depan teman-temannya karena kondisi keluarga yang minim dan bahkan kekurangan. Akibatnya remaja yang banyak mengalami kesulitan ekonomi cenderung mencari pelampiasan yang keliru. Bahkan banyak remaja yang akhirnya terjun ke dunia prostitusi demi memenuhi kebutuha hidupnya.

6. Pergaulan Pemuda

Pergaulan pemuda menjadi salah satu faktor penting dalam pembentukan psikologis anak. Banyak remaja yang terjun ke dunia malam atau pun dunia yang seharusnya tidak dilalui oleh karena salah pergaulan. Banyak pergaulan yang membuat pemuda justru banyak mengalami salah arah. Psikologis remaja sangat rentan untuk meniru gaya teman-temannya.

Demikian informasi mengenai persoalan remaja yang rentan secara psikologis. Semoga Pembaca dapat mengambil hikmahnya dari artikel tersebut untuk beriskap sebagai remaja atau bersikap untuk memperlakukan remaja dengan lebih baik. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY