Inilah Cara Menangani Kehamilan yang Terjangkit Virus Toksoplasma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak mengenal virus toksopalsma atau yang lebih dikenal dengan tokso. Virus ini dikenal sebagian besar masyarakat diseluruh dunia. Virus inilah yang menjadi salah satu momok bagi wanita hami. Pada umumnya menyerang janin yang ada dalam kandungan. Toksoplasma sendiri disebabkan oleh virus Toksoplasmaa Gondii.

Virus ini  merupakan virus yang menjadi parasite di beberapa hewan peliharaan seperti anjing, kucing, babi dan kelinci. Selain pada hewan, virus ini juga bisa ditularkan lewat buah yang memang telah terinveksi virus Toksoplasmaa Gondii, atau bisa juga melalui makanan yang kurang matang ketika dimasak. Disamping beberapa faktor tersebut, virus ini bisa juga menular melalui transfusi darah, liut, atau cairan tubuh lain.

Virus ini akan menyerang ibu hamil, terutama yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Gejala yang dialami oleh wanita yang terserang virus Toksoplasmaa Gondii ialah sebagai berikut:

  • Demam
  • Mudah lelah
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening dan hati
  • Flu
  • Sakit kepala

Menurut penelitian, janin yang terserang virus toksoplasma gondii ini akan mengalami kelahiran dini dengan angka 15 persen. Selain itu, ada 17 persen janin yang terinfeksi pada usia kandungan trimester pertama, 24 persen janin terinfeksi pada usia kandungan pada trimester kedua, dan yang terakhir ada 62 persen janin yang terinfeksi pada usia kandungan trimester ketiga.

Janin yang terjangkit vitrus toksoplasma gondii akan mengalami kelainan pada saraf, serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, pembesaran hati dan limpa. Janin yang mengalami gangguan fungsi saraf dapat mengalami keterlambatan perkembangan psikomotor dalam bentuk retardasi mental (keterlambatan bicara), juga muncul gejala seperti kejang dan kekakuan.

Selain itu, janin yang telah terinfeksi juga berpotensi mengalami cacat, terutama saat janin terinfeksi pada usia kehamilan awal. Virus toksoplasma gondii juga dapat menyebabkan encephalus (hilangnya  tulang tengkorak), hydrocephalus (pembesaran kepala), dan bahkan kematian.

Salah satu penanganan tepat yang harus dilakukan ialah mengkonsultasikan penyakit ini ke tenaga medis. Selain itu, bagi ibu yang akan mengandung janin sebaiknya hindari diri dari beberapa hewan yang memungkinkan terjangkit virus toksoplasma gondii.

Selain itu, konsumsi makanan dengan tingkat kematangan yang benar, bersihkan sayur dan buah dengan baik dan benar untuk menghirdarkan diri dari virus ini. Seperti mencuci buah dan sayur di bawah air mengalir dan menggunakan sabun yang aman.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY