Inilah Dampak dan Bahaya Jika Remaja Sering Telat Makan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telat makan adalah salah satu problema yang kerap kali dihadapi para remaja, segudang aktivitas membuat mereka kadang mengesampingkan urusan makan karena tidak memiliki cukup waktu untuk itu atau karena alasan lainnya. Jika sudah begini tidak jarang makan dilakukan secara tidak teratur atau makan hanya pada saat sudah merasakan lapar saja.

Jika dianalogikan tubuh bisa dikatakan sebagai kendaraan, jika ingin bergerak tentu setiap kendaraan butuh bahan bakar. Dalam kasus ini bahan bakar untuk tubuh adalah makanan. Setiap makan manusia dituntut untuk memenuhi kadar nutrisi yang seimbang agar menjadi bahan bakar yang baik untuk setiap organ yang akan bekerja untuk menggerakan tubuh.

Secara umum organ di dalam tubuh mulai dari jantung, otak, ginjal dan organ lain akan terus bergerak selama 24 jam, sebuah kendaraan yang terus bergerak selama itu tentu akan membutuhkan bahan bakar yang banyak. Sedangkan tidak mungkin seseorang dapat makan sembari tidur untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar tersebut. keuntungannya adalah tubuh manusia sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat menyimpan energi dari makanan tersebut dan dapat digunakan pada waktu yang tepat. Maka dari itu penting bagi seseorang untuk memaksimalkan waktu saat ia terbangun untuk makan secara teratur.

Sudah diketahui bahwa makan dapat membantu organ tubuh untuk bergerak telat makan jusru tidak akan membawa kebaikan apalagi Anda mempunyai banyak kegiatan, secara umum telat makan dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk menggerakan tubuh, berikut adalah beberapa dampak dan bahaya jika Anda telat makan:

  • Lelah dan murung. Salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk membantu kerja otak adalah glukosa, menurut penulis buku Eating on the Run, Evelyn Tribole, 4-6 jam setelah makan, kadar glukosa pada otak akan menurun sehingga akan menganggu produktifitas otak sehingga membuat orang tersebut terlihat mudah lelah dan murung.
  • Lambatnya metabolisme. Apakah pada saat telat makan Anda sering merasakan lemas? Jika iya, ini dikarenakan tubuh memerlukan kalori untuk dijadikan energi, jika Anda telat makan maka tidak ada kalori yang akan dibakar untuk dijadikan energi. Hal inilah yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas.
  • Irritable Bowel Syndrome. Kegiatan makan tentu erat kaitannya dengan sistem pencernaan manusia. Jika telat makan tentu akan ada efeknya bagi pencernaan, Irritable Bowel Syndrome sendiri adalah kumpulan gejala distress lambung, seperti kram perut dan nyeri, dan sembelit karena terjadinya iritasi di usus.
  • Radang lambung. Anda merasakan nyeri hingga ke ulu hati setelah makan? Bisa jadi ini adalah salah satu akibat dari Anda yang sering telat makan, ini adalah salah satu ciri Anda mengalami radang lambung, hal ini disebabkan karena adanya iritasi yan diakibatkan oleh cairan lambung yang ada pada mukosa lambung.
  • Salah satu tanda stress. Selain dapat merusak kesehatan, telat makan juga dapat menjadi ciri bagi kondisi keadaan buruk lainnya, salah satunya adalah stress. Umumnya orang yang mengalami stress tidak nafsu makan sehingga membuat dirinya sering telat makan.

Itulah beberapa dampak dan bahaya yang dapat terjadi jika sering telat makan, maka dari itu mulai sekarang makanlah dengan teratur agar tubuh mendapatkan bahan bakar yang bagus untuk menunjang aktivitas. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY