Inilah Dampak Perceraian Orangtua pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, tahukah Anda bahwa dampak buruk dari sebuah keputusan orangtua yang bercerai bagi anak? Ya, anak memang selalu menjadi korban dalam segala permasalahan yang dialami orangtua ya.

Dampak Perceraian Orangtua Pada Anak

Orangtua yang mengambil keputusan untuk melakukan perceraian ternyata juga memberikan dampak buruk bagi anak. Kualitas hidup anak yang seharusnya mendapatkan hak untuk menerima kasih sayang justru harus menelan pil pahit terjadinya suatu perpecahan dalam keluarga. Dampak perceraian yang terjadi pada anak ialah sebagai berikut:

  • Terganggunya Kesehatan Fisik

Anak dari orangtua yang memutuskan bercerai memiliki fungsi fisik lemah. Sumber keuangan anak menjadi terpecah dan bahkan seringkali kekurangan. Akibatnya kondisi kesehatan anak menurun karena ketersediaan dana berkurang drastis sehingga kurang leluasa untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan khusus.

  • Terganggunya Kesejahteraan Psikologis

Anak dari korban perceraian orang tua memiliki kondisi psikologis yang lebih sensitif dan mental yang seringkali terganggu karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua. Banyak anak dari orangtua yang memutuskan untuk bercerai justru mengalami stres dan gangguan jiwa lainnya.

  • Kepercayaan Diri yang Berkurang

Anak dari produk broken home kurang memiliki rasa kepercayaan diri yang baik. Kebebasan yang dimiliki anak juga berkurang karena setiap anak yang mengalami dampak perceraian seringkali hidup kurang teratur dan berbeda dari anak-anak yang lainnya.

  • Emosional Terganggu

Anak dari korban perceraian orangtuaya cenderung memiliki suasana hati yang kurang stabil. Mereka akan lebih emosional dalam urusan perasaan dan merasa tersakiti.

  • Lemahnya Hubungan Antara Anak dan Orangtua

Anak dari orangtua yang bercerai seringkali merasa kecewa. Anak menjadi penyendiri dan sulit dekat lagi dengan orangtuanya. Terlebih jika anak mengetahui kesalahan orangtuanya. Tentu anak merasa enggan untuk bercengkerama lagi seperti dulu dengan orangtuanya. Kesehatan mental antara orangtua dan anak kurang erat dan kurang terjaga.

  • Prestasi di Sekolah Terganggu

Anak yang berasal dari orangtua yang bercerai membuat prestasinya justru seringkali menurun dan bahkan terganggu. Hasil belajar anak seringkali rendah di saat kondisi perceraian orangtua berlangsung. Kedisiplinan anak di sekolah juga bisa dibilang kurang karena adanya kasus perceraian yang cukup menyita perhatiannya selama berada di lingkungan rumah.

  • Salah Pergaulan

Anak dari orangtua yang bercerai juga pada umumnya sering mengalami salah pergaulan. Banyak anak yang justru melarikan diri dari masalahnya bersama orangtuanya untuk terjun ke pergaulan yang keliru. Bahkan banyak anak yang terjerumus ke narkoba dan seks bebas disebabkan oleh adanya kasus perceraian orangtua.

Demikian informasi mengenai dampak yang dapat terjadi pada anak oleh karena perceraian orangtuanya. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here