Inilah Jenis-jenis Lemak dan Sumbernya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, mengapa banyak orang bisa terjadi kegemukan? Banyak orang akan menjawab karena penumpukan lemak. Tapi bukankah ada lemak sehat juga? Sebenarnya apa jenis-jenis lemak dan dari mana sumbernya?

Apa Saja Jenis Lemak?

Ada beberapa jenis lemak jika dilihat dari kegunaan dan dampaknya ialah sebagai berikut:

  • Lemak jenuh

Lemak jenuh berbentuk seperti lilin, pada umumnya banyak terdapat dari susu, daging merah, minyak kelapa cair, dan lain sebagainya. Lemak jenuh banyak terdapat di makanan yang dijual di pasaran. Kegunaannya untuk sumber energi. Tapi jika berlebihan bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti mengentalkan darah, obesitas, penyumbatan pembuluh darah, stroke, darah tinggi, jantung, dan lain sebagainya.

  • Lemak Tidak Jenuh

Lemak tak jenuh bentuknya cair dan jika dimasukkan ke dalam kulkas tetap bisa membeku. Banyak ditemukan dalam lemak nabati seperti minyak biji bunga matahari, minyak kacang, minyak kemiri, minyak wijen, minyak zaitun, minyak kedelai dan lain sebagainya. Lemak tidak jenuh yang berasal dari lemak hewani bisa ditemukan dalam minyak ikan salmon, ikan gembung, ikan kod, dan lain sebagainya.

Kegunaannya untuk sumber energy bagi tubuh, kadar LDL lebih rendah dari lemak jenuh sehingga mengurangi resiko penyakit stroke, kolesterol tinggi, dan jantung. Lemak tidak jenuh memiliki dua jenis yakni lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda. Tapi pada intinya lemak tak jenuh memang sehat bagi tubuh.

  • Lemak trans

Lemak trans ialah turunan dari lemak tidak jenuh yang sudah terdapat perubahan ikatan. Bentuk lemak trans bisa padat karena terhidrogenisasi parsial. Kadar LDL sangat tinggi seperti lemak jenuh dan dampaknya sangat beragam karena menimbulkan banyak penyakit. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi lemak trans seperti margarin dan butter.

Darimana Sumber Lemak?

Ada banyak makanan yang menjadi sumber lemak, penjelasannya ialah sebagai berikut:

  1. Sumber Lemak Nabati
  • Tumbuh-tumbuhan Laut. Krill dan alga banyak mengandung asam lemak omega 3. Sehingga mengurangi kadar kolesterol jahat tanpa mengurangi kolesterol yang baik.
  • Minyak Kelapa. Minyak kelapa banyak mengandung asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa dan asam laurat.
  • Kacang Kedelai. Kedelai banyak mengandung protein, vitamin, dan lemak yang bermanfaat bagi pencegahan penyakit kolesterol.
  • Buah Alpukat. Buah alpukat yang ukurannya sedang mengandung 22 gram lemak tak jenuh.
  • Kacang kenari. Kacang kenari banyak mengandung lemak tak jenuh yang yang bermanfaat bagi kesehatan otak, mencegah kanker dan anti inflamasi.
  1. Sumber lemak hewani
  • Telur. Telur banyak mengandung protein tinggi dan kandungan lemak pada bagian putihnya.
  • Susu. Susu sapi banyak mengandung lemak dengan kadar 3.1% dan susu kambing dengan kadar 6.4%.
  • Daging. Daging sapi mengandung banyak lemak jenuh yang bila berlebihan bisa menimbulkan kanker.
  • Ikan laut. Berbagai jenis ikan seperti sarden, salmon, dan tuna memiliki kandungan lemak jenuh dan omega 3 yang berguna untuk perkembangan otak.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis lemak dan sumbernya, semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY