Inilah Jenis Kandungan Obat untuk Meredakan Flu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Flu merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Baik masyarakat dunia maupun di Indonesia sendiri. Flu sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan. Masa inkubasi dari penyakit flu sendiri terbilang singkat. Flu akan semakin parah setelah 2-4 hari dari gejala awal. Kemudian kondisi penderitanya akan membaik dan sembuh kembali.

Untuk meredakan flu, banyak cara yang bisa ditempuh oleh penderitanya. Baik dengan menggunakan obat-obatan herbal hingga obat yang di dapat dari tenaga medis seperti dokter. Selain obat dengan menggunakan resep dokter, obat flu merupakan penyakit dengan obat yang terbilang mudah di dapat di warung atau toko obat. Nah, artikel kali ini, penulis akan memaparkan kandungan apa saja yang berada dalam obat-obatan untuk meredakan penyakit flu.

Kandungan-kandungan yang ada dalam obat pereda flu ialah sebagai berikut:

  • Pseudoephedrine

Pseudoephedrine merupakan salah satu kandungan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi flu atau hidung tersumbat. Kandungan jenis ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia di atas 12 tahun, sampai orang dewasa. Pseudoephedrine merupakan jenis obat Dekongestan. Obat ini bisa berbentuk tablet atau cair.

  • Parasetamol atau acetaminophen

Parasetamol memilki manfaat meredakan nyeri (analgesic)  dan meredakan demam (antipiretik). Obat jenis ini sebaiknya diminum dengan jarak waktu 7-8 jam. Hal ini untuk menghindari kelebihan dosis yang akan dialami oleh penderitanya.

  • Codein dan Dekstrometorfan

Selain meredakan flu, kandungan obat jenis ini juga bisa dipakai untuk penderita batuk kering (antitusif).

  • Fenilpropanolamin

Fenilpropanolamin memiliki manfaat melonggarkan hidung tersumbat. Namun, kandungan yang berada dalam obat jenis ini juga akan menekan nafsu makan. Oleh karena itu, dianjurkan agar tidak mengkonsumsi obat ini lebih dari 300-350 mg dalam sehari. Selain digunakan untuk meredakan flu, kandungan obat jenis ini juga biasa digunakan sebagai obat pelangsing.

  • Klorfeniramin Maleat

Jenis yang satu ini dapat meredakan flu yang disebabkan oleh alergi. Dalam satu tablet obat, kandungan ini biasanya hanya ada 1-2 mg. kandungan ini biasanya dapat menyebabkan rasa kantuk.

  • Loratadine

Tidak jauh berbeda dengan Klorfeniramin Maleat, kandungan ini termasuk dalam jenis antihistamine, yang akan mengurangi efek alami dari histamine dalamtubuh seseorang. Histamine inilah yang menyebabkan bersin, hidung gatal, dan mata berair.(IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY