Inilah Pemanis Alami Pengganti Gula

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi yang suka dengan makanan atau minuman manis, pasti tak terlepas dari yang namanya gula. Di satu sisi, gula adalah bahan yang paling mudah dan praktis dalam penggunaan. Namun, disisi lain gula adalah salah salah satu bahan makanan pemicu diabetes dan obesitas.

Nah, untuk menghindari dampak buruk mengonsumsi gula, berikut adalah sejumlah pemanis alami yang bisa dikonsumsi:

  • Madu

Salah satu kelebihan madu dibandingkan dengan gula adalah madu tidak meningkatkan gula dalam darah dalam waktu yang cepat. Kalori yang terdapat dalam madu lebih besar dibandingkan dengan gula biasa. Kelebihan lainnya adalah madu menawarkan sekitar 132 mg potassium yang berfungsi membantu mengurangi sakit tenggorokan. Madu mentah juga kaya akan vitamin B dan C yang baik untuk imunitas tubuh.

  • Agave nektar

Agave nektar merupakan ekstrak tanaman agave (semacam kaktus) yang mengandung indeks glikemik rendah. Namun, karena mengandung fruktosa yang cukup tinggi, konsumsi agave harus penuh perhitungan dan jangan berlebihan.

  • Gula kelapa

Gula kelapa memiliki rasa yang khas, manis bercampur gurih. Gula kepala memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan gula pasir putih. Sebagian besar resep masakan jawa menggunakan pemanis gula kelapa untuk menambah kelezatan.

  • Sukanat

Tebu diambil sarinya dan dipanaskan hingga kering, mengkristal, dan menciptakan butiran cokelat gelap. Inilah yang disebut sukanat. Sukanat mengandung kalsium, vitamin A, B6, potassium, dan khrom.

  • Sucralose

Salah satu penelitian yang dikutip oleh health.com menyebutkan, sucralose dapat bereaksi negatif terhadap imunitas tubuh. Namun, penelitian lain tidak dapat menemukan korelasi tersebut. Pemanis ini juga salah satu yang tidak sensitif terhadap panas. Selain itu, sucralose juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau mereka yang sedang menjalani program diet sebab tidak terdapat kalori karbohidratnya.

  • Stevia

Manis yang dihasilkan berasal dari daun yang disebut glikosida. Daun ditempatkan ke dalam air panas agar glikosida dapat dikumpulkan. Stevia diduga dapat menurunkan tekanan darah dan level gula dalam darah. Kelebihan lainnya adalah bebas kalori sehingga sangat membantu dalam penurunan berat badan.

  • Sirup maple

Sirup maple diekstrak langsung dari getah pohon maple. Sirup maple mengandung zink, magnesium, dan besi, yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sirup maple juga mengandung antioksidan yang memiliki fungsi sebagai anti kanker, bakteri, dan diabetes.

  • Sirup jagung fruktosa

Fruktosa dan glukosa yang didapatkan berasal dari sirup jagung yang diproses. Biasanya, sirup ini menjadi pengganti bahan sukrosa (pemanis buatan) karena dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi daripada sukrosa. Sayangnya, kalorinya dapat meningkatkan risiko obesitas. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here