Inilah Penyebab Asam Urat

SehatFresh.com – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat. Tak sedikit orang yang menyepelekan penyakit ini. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia 30 tahun ke atas.

Asam urat sendiri merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja. Asam urat disebabkan karena dalam makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung zat purin.

Zat purin adalah zat yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan-makanan yang mengandung zat purin seperti daging, buah-buahan, dan sayuran. Asam urat juga bisa diartikan sebagai sisa kandungan makanan yang telah kita konsumsi. Sama dengan kolesterol, asam urat juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat yang bertumpuk tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang menumpuk di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke dalam ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Sendi yang paling sering mengalami serangan penyakit asam urat adalah sendi kaki dan tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah dibandingkan sendi lainnya. Sendi selanjutnya yang juga rentan terhadap serangan adalah sendi lutut dan siku. Sedangkan sendi yang jarang terkena serangan adalah yang letaknya dekat dengan badan, seperti sendi leher, punggung, pinggul, dan bahu.

Gejala yang biasa muncul ketika asam urat sedang menyerang yakni sendi terasa nyeri, ngilu, linu, dan kesemutan. Bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan. Biasanya pada persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari. Akan terasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali, bagian tubuh yang biasanya diserang, yaitu sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan, serta siku. Dalam keadaan yang cukup parah, persendian terasa sangat sakit saat akan bergerak.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan asam urat dan menyebabkan penyakit ini meradang. Inilah beberapa penyebabnya:

Makanan penyebab penyakit asam urat

Ada beberapa makanan yang kaya akan zat purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Makanan seperti ini seharusnya dihindari oleh penderita asam urat. Contohnya seperti:

  • Jeroan (jantung, ginjal, otak,dan hati).
  • Makanan laut (kerang-kerangan dan ikan yang berminyak).
  • Daging merah (daging sapi, daging babi dan daging kambing)

Minuman keras

Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, maka produksi asam urat di dalam hati akan meningkat, selain itu unsur alkohol juga dapat mengurangi jumlah asam urat yang dibuang melalui urin. Jenis minuman keras yang harus diwaspadai untuk menghindari serangan penyakit asam urat adalah bir dan spirit. Terutama bir, minuman keras ini juga mengandung purin yang tinggi. Sedangkan untuk wine, minuman keras ini tidak meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat secara signifikan, asalkan diminum hanya satu atau dua gelas perhari.

Minuman dengan kadar gula tinggi

Minuman ringan manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa merupakan zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.  Sedangkan minuman ringan diet atau minuman ringan yang kandungan gulanya rendah, tidak membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini.

Riwayat kesehatan keluarga

Menurut sebuah penelitian, penyakit asam urat merupakan penyakit turunan. Dalam riset tersebut ditemukan bahwa satu dari lima penderita  memiliki seorang anggota keluarga yang juga mengidap penyakit yang sama.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY