Inilah Penyebab Gatal di Sekitar Penis Remaja Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gatal-gatal di area pribadi memang cukup menjengkelkan. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, gatal di kemaluan juga membuat si pemilik tubuh kurang percaya diri. Nah, gatal-gatal ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk remaja. Sebenarnya, apa saja penyebabnya?

Banyak mitos yang mengatakan rasa gatal pada selangkangan adalah tanda pria beranjak remaja, bujang dan sebagainya. Tentu saja ini tidak benar. Perubahan hormon seringkali bisa menyebabkan hal tersebut. Tetapi, itu tidak akan terjadi jika anak tersebut selalu menjaga kebersihannya terutama pada pakaian.

Rasa gatal di sekitar penis sering ditandai dengan kulit yang terkelupas, kemerahan, dan ditepinya ada benjolan yang tampak lecet. Rasa gatal ini dapat menyebar ke area kulit lainnya. Bukan hanya selangkangan, tapi juga pada kaki. Jika sudah parah, selangkangan menjadi hitam dan menimbulkan bekas yang sulit hilang.

Penyebab gatal di sekitar penis yang dialami oleh remaja bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Jamur yang mungkin saja menginfeksi kulit, terutama pada daerah yang lembab dan jarang terkena sinar matahari serta pada lipatan-lipatan tubuh. Area ini meliputi selangkangan, bokong, dan juga paha bagian dalam.
  • Kudis yang bersumber dari tungau atau kutu yang dapat menular melalui tempat tidur, sofa, handuk dan sebagainya.
  • Alergi atau iritasi akibat dari sisa urine dan lain-lain.
  • Stres psikologis.
  • Penyakit menular seksual.

Menurut Dr. Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa SpKK, dokter kulit dari RS Sanglah Denpasar, pada kebanyakan kasus gatal di kemaluan penyebabnya adalah infeksi jamur dan kudis (scabies).

“Sebabnya karena kelembapan atau kebersihan yang kurang terjaga. Yang banyak saya temui dermatitits seboroik, peradangan permukaan kulit yang berambut. Kadang-kadang, ada hubungannya dengan stres,” papar Dr. Laksmi.

Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah:

  • Cucilah penis dengan baik sehabis buang air kecil atau saat mandi.
  • Jaga agar daerah kelamin tetap bersih karena kelembaban di area genital dapat menyebabkan infeksi.
  • Segera mengganti pakaian dalam bila telah lembab.
  • Gantilah sprei secara rutin.
  • Jangan pernah bertukar pakaian atau meminjam handuk atau baju orang lain. Jika sudah terpaksa, pastikan handuk atau baju tersebut dalam keadaan bersih atau sebaiknya dijemur terlebih dahulu untuk menghindari terjangkit kurap.

Bila Anda sudah terlanjur mengalami rasa gatal di sekitar penis, jangan menggaruknya. Menggaruk bisa mengakibatkan gatal semakin hebat dan berpotensi terjadinya infeksi bakteri akibat luka garukan.

Hal lain yang perlu diperhatikan, untuk mencari penyebabnya sangat sulit tanpa melalui pemeriksaan langsung dengan melihat kondisi kulit tersebut. Hal ini karena suatu penyakit kulit dapat mirip satu sama lain walaupun penyebabnya berbeda. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here