Inilah Penyebab Psoriasis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mungkin masih sedikit masyarakat yang tau nama penyakit psoriasis. Namun, penderita psoriasis di Indonesia sendiri sudah cukup banyak. Psoriasis adalah keadaan dimana kulit menjadi tebal dan bersisik. Penyakit yang satu ini bias menyerang bagian kulit mana saja. Pada ummumnya, yang biasa terserah psoriasis adalah kulit kepala, siku, lutut, hingga bagian bawah punggung.

Penyakit ini memiliki beberapa jenis, setiap jenis memiliki gejalanya masing-masing. Umumnya penderita yang menderita psoriasis akan mengalami ruam pada kulit, kulit terkelupas dan menjadi tebal atau bersisik. Tak sedikit dari penderita akan merasakan rasa perih dan gatal pada kulit yang terserang penyakit psoriasis ini.

Pada setiap penderita, gejala yang dirasakan juga berbeda. Ada yang mengalami gejala ringan hingga berat. Ada beberapa penderita yang tidak mengalami gejala dalam beberapa waktu tertentu, adapula yang tingkat gejalanya semakin parah. Tergantung bagaimana kedaan psoriasis yang diidapnya.

Jenis-jenis psoriasis beberapa diantaranya yaitu:

  • Psoriasis Kuku. Beberapa gejala yang muncul ialah perubahan pada warna kuku, pertumbuhan kuku menjadi tidak normal, muncul lekukan pada kuku. Hingga terlepasnya kuku dari jari.
  • Psoriasis Kepala. Psorisasis jenis ini akan menimbulkan gejala ruam pada kulit, bahkan bisa melebar hingga batas rambut. Muncul sisik tebal pada kulit, bisa di sebagian kulit atau seluruh bagiannya. Muncul rasa gatal dan perih pada kulit.
  • Psoriasis Gutata. Gejala psoriasis yang satu ini sedikit berbeda dengan yang lain, sebab akan mucul bintik ruam seperti tetesan air pada kulit yang dilapisi sisik tebal. Biasanya menyerang siku, lengan atau lutut. Biasanya psoriasis jenis ini akan muncul setelah penderitanya terserang infeksi atau radang tenggorokan. Jenis psoriasis yang satu ini lebih sering menyerang anak-anak dan remaja.
  • Psoriasis Plak. Jika jenis sebelumnya adalah yang jarang terjadi, maka jenis ini adalah jenis yang paling banyak terjadi dan dikeluhkan masyarakat. Gejala yang timbul adalah munculnya ruam pada kulit disertai sisik dan kulit menjadi tebal. Selain itu akan muncul rasa gatal dan perih pada bagian kulit yang terjangkit psoriasis. Beberapa penderita yang psoriasisnya telah parah bahkan akan mengalami kulit pecah-pecah dan mengeluarkan darah.

Penyebab psoriasis sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit ini terjadi akibat regenerasi kulit yang terlalu cepat. Pada umumnya kulit akan memproduksi sel kulit baru dalam beberapa minggu sekali. Namun, pada pengidap psoriasis, kulit memproduksi sel kulit dalam hitungan hari, sehingga sel kulit akan menumpuk dan menyebabkan tumpukan sel kulit mati yang menyebabkan penyakit ini timbul.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY