Insufisiensi Konvergensi

Definisi

Insufisiensi konvergensi terjadi ketika mata anda tidak bisa fokus saat mencoba melihat benda dari dekat.  Ketika anda membaca atau melihat benda yang dekat, mata anda akan masuk kedalam arah yang berlawanan untuk fokus. Ini akan memberikan anda penglihatan binokuler, sehingga anda bisa melihat satu benda.

Insufisiensi konvergensi bisa mengakibatkan kesulitan membaca. Hal ini membuat para orang tua dan guru menganggap anak-anak susah menerima pelajaran, dan bukan karena masalah mata.

Ada banyak pengobatan yang efektif dapat mengatasi insufisiensi konvergensi.

Gejala

Tidak setiap orang yang mengalami insufisiensi konfergensi yang merasakan gejala. Tanda-tanda dan gejala yang timbul saat anda membaca atau melihat benda dari dekat, termasuk:

  • Ketegangan mata
  • Sakit kepala
  • Sulit membaca- huruf-huruf terlihat kabur dan bergerak-gerak
  • Penglihatan ganda
  • Susah berkonsentrasi
  • Kerdipan atau salah satu mata tertutup

Kapan harus ke dokter

Jika anda merasakan tanda-tanda dan gejala insufisiensi konvergensi atau mengalami masalah pada saat membaca, konsultasikan pada dokter mata, seperti opthalmologist atau optometrist. Para ahli ini atau disebut juga orthoptist mungkin dapat membantu anda melakukan pengobatan.

Penyebab

Insufisiensi konvergensi terjadi karena adanya misalignment pada mata saat mata berfokus melihat benda dari dekat. Penyebab yang pasti belum diketahui, namun misalignment ini menyangkut oto-otot yang menggerakkan mata. Biasanya, salah satu mata akan bergerak keluar ketika mata berusaha fokus melihat benda dari dekat.

Komplikasi

Susah untuk membaca dan berkonsentrasi akan mengakibatkan anak-anak untuk susah belajar. Insufisiensi konvergensi biasanya tidak terdeteksi saat pemeriksaan mata rutin disekolah. Seorang anak dengan kondisi ini biasanya teridentifikasi saat anak tersebut susah belajar karena memiliki masalah saat membaca.

Tes dan Diagnosis

Insufisiensi konvergensi mungkin tidak akan terdeteksi saat pemeriksaan rutin. Untuk mendiagnosa kondisi ini, dokter mata anda mungkin akan melakukan hal-hal berikut:

  • Melihat riwayat kesehatan. Dokter mungkin akan menanyakan masalah yang anda alami seperti susah fokus, kabur atau penglihatan ganda, sakit kepala dan tanda-tanda dan gejala lainnya.
  • Memeriksa kemampuan mata anda untuk fokus. Tes ini cukup sederhana, misalnya dokter akan meminta anda untuk fokus pada benda kecil sambil di dekatkan ke mata anda atau membacanya melalui lensa prisma.
  • Melakukan pemeriksaan mata rutin. Jika anda memiliki masalah penglihatan lainnya, seperti susah melihat benda dekat, dokter anda mungkin akan memeriksanya untuk memastikan seberapa besar masalah anda.

Perawatan dan Obat-obatan

pilihan perawatan insufisiensi konvergensi termasuk:

  • Pencil pushups. Pada latihan sederhana ini, anda harus fokus pada huruf kecil di samping pencil sementara itu anda terus mendekatkannya pada hidung anda, hentikan gerakkan jika anda merasakan penglihatan ganda. Dokter anda mungkin akan menyarankan anda untuk melakukannya dirumah selama 15 menit, 5 kali atau lebih dalam seminggu.
  • Office or home-based therapy. Anda dapat melatih kefokusan mata anda untuk mengatasi konvergensi. Jika anda melakukannya dirumah dengan komputer, maka anda dapat mencetak hasilnya dan memperlihatkannya pada dokter anda.
  • Combined therapy. Beberapa ahli menyarankan melakukan terapi penglihatan- biasanya dengan menggunakan program software- di barengi dengan pencil pushups. pendekatan yang dikombinasikan mungkin akan lebih efektif. Dan terapi menggunakan komputer mungkin akan membuat anak-anak merasa lebih nyaman.
  • Menggunakan kacamata baca. Jika terapi komputer atau latihan tidak berhasil, dokter anda mungkin akan menyarankan untuk menggunakan kacamata baca dengan lensa prisma untuk membaca. Biasanya ini akan lebih efektif pada anak-anak.
  • Continued observation. Anda menerima diagnosa bahwa anda menderita insufisiensi konvergensi tanpa adanya gejala. Jika hal ini benar, perhatikan gejala-gejala saat anda membaca atau melihat benda dekat. Dokter anda mungkin akan memeriksa kembali di waktu yang akan datang.
  • Pada kasus langka, jika latihan atau terapi komputer tidak berhasil dokter anda mungkin akan menyarankan operasi.

Penelitian memperlihatkan bahwa terapi penglihatan pada kantor dokter akan lebih efektf dari pada terapi dengan komputer di rumah. Aspek lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih pengobatan adalah biaya dan kenyamanan.

Anda mungkin akan merasakan baikan pada gejala anda setelah 4 minggu melakukan latihan atau terapi dengan komputer. Perawatan ini dapat menghilangkan gejala insufisiensi konvergensi. Tapi gejala dapat timbul kembali :

  • Setelah sakit
  • Kurang tidur
  • Saat anda banyak membaca atau melihat benda dekat

Pengobatan lain kadang juga dapat membantu.