Intensitas Seks Untuk Kesehatan

SehatFresh.com – Tidak hanya sebatas kepuasan, hubungan seks juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, para pakar kesehatan di dunia telah melakukan sejumlah penelitian yang menghubungkan pengaruh intensitas aktivitas seks dengan kesehatan. Intinya, para ahli menyarankan sebaiknya dalam kurun waktu satu minggu Anda meluangkan waktu untuk bercinta, berapa pun frekuensinya.

Satu kali seminggu untuk redam stres

Berhubungan seks sekali dalam seminggu akan membuat tubuh melepas hormon peredam stres, oksitoksin. Para peneliti dari University of Paisley di Skotlandia menyebutkan bahwa hormon oksitoksin ini dapat menurunkan tekanan pada pembuluh darah arteri dan meningkatkan kualitas tidur.

Dua kali seminggu untuk kesehatan jantung

Selain manfaat emosional, jantung juga melakukan latihan kardio sepanjang aktivitas seksual. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sekitar 1.000 responden selama periode 16 tahun oleh New England Research Institute di Massachussets, Amerika Serikat, mereka yang melakukan seks dua kali seminggu mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular hingga 45%, dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan seks satu kali dalam seminggu.

Tiga kali seminggu untuk cegah flu

Berhubungan seks dua hingga tiga kali dalam seminggu diketahui dapat meningkatkan kadar antibodi yang disebut immunoglobulin A (IgA) yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan flu dan infeksi lainnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wilkes University, Pennsylvania, USA, menganalisa 112 orang yang melakukan seks sebanyak 2-3 kali seminggu dan juga memeriksa sampel air liur mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar IgA dalam tubuh mereka mengalami peningkatan ketimbang mereka yang berhubungan seks kurang dari frekuensi tersebut.

Empat kali seminggu untuk turunkan risiko disfungsi ereksi

Hasil penelitian dari American Journal of Medicine pada 1000 responden di Finlandia melaporkan bahawa mereka yang melakukan seks setidaknya empat kali dalam seminggu 50% lebih kecil kemungkinannya terkena disfungsi ereksi, ketimbangĀ  mereka yang hanya melakukan seks selama satu kali dalam seminggu.

Lima kali seminggu untuk tingkatkan performa

Pria yang melakukan seks lebih dari empat kali dalam seminggu, terlihat 12 tahun lebih muda, demikian menurut penelitian dari University of Pittsburgh. Pasalnya frekuensi seks terkait dengan peningkatan optimisme, energi, fokus dan kreativitas. Semakin sering berhubungan seks, Anda akan merasa lebih positif sehingga memiliki hubungan yang bahagia.

Enam kali seminggu untukĀ  tingkatkan kecerdasan

Barb DePree, MD, ahli kandungan di Holland, Michigan mengatakan ketika berhubungan seks, aliran darah ke otak meningkat kemudian akan terjadi pelepasan hormon yang bisa meningkatkan kapasitas intelektual dan menciptakan sel-sel otak yang baru.

Tujuh kali dalam seminggu untuk mood yang stabil

Seks rutin bisa menurunkan kecemasan terkait dengan diproduksinya hormon endorfin. Tidak banyak pasangan yang melakukan hubungan seks setiap hari. Namun jika Anda dan pasangan rutin melakukannya, semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh. Mereka yang berhubungan intim setiap hari diyakini akan memiliki mood yang stabil sehingga lebih positif dalam menjalani aktivitasnya.

Kendati demikian, pada dasarnya ada batasan baku mengenai frekuensi berhubungan intim bagi pasangan yang sudah menikah. Hal ini sangat bergantung dari kepribadian dan aktivitas masing-masing pasangan. Selama dikomunikasikan dengan baik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selama hubungan seks didasari kesepakatan, tidak berganti-ganti pasangan, memperhatikan aspek kesehatan dan tidak atas dasar paksaan, maka berapa pun frekuensinya dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan serta memberi manfaat juga untuk kesehatan.

Sumber gambar : www.l-men.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY