Isi Kegiatan Bermanfaat Sambil Menunggu Waktu Berbuka

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Momen berbuka sering dinanti oleh orang yang berpuasa. Tapi, daripada sekadar menunggu, isilah waktu tersebut dengan berbagai kegiatan. Selain waktu tidak terbuang percuma, Anda jug bisa menambah pahala.

Sejumlah kegiatan di bawah ini bisa Anda coba sambil menunggu adzan maghrib berkumandang:

  • Membaca Al Quran

Selagi ini bulan Ramadan, Anda bisa membaca buku-buku keagamaan atau membaca ayat suci Al-Qur’an.

  • Ikut pengajian

Pada bulan Ramadan, biasanya masjid-masjid mengadakan tausiah atau pengajian sebelum waktu berbuka. Anda bisa ikut menghadiri pengajian atau menjadi sukarelawan untuk membantu acara tersebut. Hitung-hitung menambah amal jariyah di bulan puasa.

  • Memasak

Jika Anda bosan dengan makanan yang dibeli di luar rumah, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri, misalnya es buah. Menu ini termasuk mudah dilakukan untuk semua orang. Anda hanya membeli beberapa macam buah, memotongnya, kemudian mencampurnya dengan larutan gula atau sirup. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan beberapa camilan, seperti kue. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menu yang dibuat. Bisa-bisa, Anda justru akan terlambat berbuka karena saat adzan maghrib urusan dapur belum kelar juga.

  • Olahraga

Meski dalam keadaan berpuasa, kita harus tetap berolah raga agar tubuh tetap kuat saat menjalani puasa. Tapi, saat sedang berpuasa, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Jadi, Anda tidak akan merasa haus setelah berolah raga nanti. Olahraga lari ringan bisa jadi pilihan. Tapi ingat, jangan berlari dengan tempo yang terlalu cepat. Selain itu, jarak tempuh yang akan dilalui juga jangan terlalu jauh. Jika biasanya Anda biasa berlari dalam jarak 1 km, kurangi saja setenganya hingga menjadi 500 meter.

  • Mendengarkan musik

Jika kamu malas untuk melakukan aktivitas di luar rumah, mendengarkan musik bisa Anda coba. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam suasana apapun. Tapi, di bulan suci ini, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu religi. Selain bisa membawa suasana syahdu, lagu-lagu religi juga bisa ‘membunuh’ waktu hingga adzan maghrib tiba.

  • Jualan takjil

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu berbuka puasa adalah jualan takjil. Kalau biasanya Anda yang berburu santapan berbuka puasa ini, sekarang tak ada salahnya Anda mencoba untuk berjualan. Selain bisa mengisi waktu luang, Anda juga bisa menambah pundi-pundi pemasukan. Lebih seru lagi, ajaklah teman atau keluarga untuk melakukannya bersama. Dijamin asyik dan bermanfaat deh!

  • Aksi sosial

Anda juga bisa mengisi waktu menunggu berbuka dengan melakukan berbagai aktivitas sosial, seperti menyantuni fakir miskin atau membagikan takjil bagi para pengguna jalan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here