Jaga Kesehatan Gigi Dengan Makanan Probiotik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjaga kesehatan gigi merupakan hal penting karena gigi yang dirawat bisa menyebabkan anda mengalami sakit gigi atau bahkan perdarahan pada gusi. Ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan makan makanan probiotik.

Memang makanan probiotik lebih dikenal membantu menjaga kesehatan sistem pencenaan. Namun, makanan probiotik juga memiliki manfaat lain yaitu menjaga kesehatan gigi. Hal itu telah dibuktikan oleh para peneliti.

Salah satu penelitian yang membuktikan bahwa makanan probiotik baik untuk kesehatan gigi yaitu telah dilakukan dengan menggunakan 50 pasien. Dimana sebagian dari mereka ada yang menderita periodontitis kronis sampai berat dan separuhnya lagi yaitu 25 pasien tidak memiliki masalah gigi. Semua pasien diberi perlakuan sama yaitu diberi probiotik Lactobacillus salivarius NK02 di dalam obat kumur dan obat kumur yang berisi plasebo.

Perlakuan di atas dilakukan dengan cara menggunakan obat kumur tersebut 2 kali sehari saat gigi, dan tidak boleh makan atau minum setelah dua jam melakukan sikat gigi. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 28 hari. Hasilnya ada perubahan yaitu pada kelompok probiotik indeks periodontalya mengalami perubahan.

Jadi membuktikan bahwa makana probiotik dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan probiotik agar gigi tetap sehat. Untuk mendapatkan makanan probiotik sebenarnya mudah karena sumber makanan probiotik itu banyak, anatara lain:

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan probiotik yang paling banyak diketahui masyarakat, cara mendapatkannya juga mudah. Probiotik yang terdapat pada yoghurt yaitu Lactobacillus.

  1. Tempe

Selain terkenal dengan kandungan proteinnya, ternyata tempe juga mengandung probiotik yang baik untuk gigi anda. Tempe termasuk makanan probiotik karena diproses melalui proses fermentasi dan mengandung vitamin B12.

  1. Dark Chocolate

Jika anda ingin makanan dengan sumber probiotik yang besar maka anda bisa makan dark chocolate. Cokelat ini diketahui memiliki kandungan probiotik 4 kali lebih besar dibandingkan dengan produk yang berbasisi susu.

  1. Teh kombucha

Teh kombucha adalah jenis teh yang dapat memenuhi kebutuhan sumber probiotik anda. Teh ini sejenis dengan teh hitam yang difermentasi dan kaya akan probiotik.

  1. Kimchi

Jika anda pecinta makanan korea, maka anda harus mencoba makan kimchi. Kimchi terkenal dengan makanan yang mampu menjaga kesehatan tubuh, oleh karena itu sudah pasti kimchi juga baik bagi kesehatan gigi karena juga mengandung probiotik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here