Jaga Kesehatan Jantung Anak untuk Cegah Takikardia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak merupakan buah hati yang harus dirawat sepenuh hati, adanya gangguan jantung seperti takikardia tentu saja tidak diinginkan untuk terjadi, penyebab takikardia selain adanya kelainan jantung juga dapat didukung oleh faktor risiko, salah satu faktor risikonya adalah keturunan, dengan faktor risiko tersebut maka tidak menutup kemungkinan anak Anda dapat mengidap penyakit ini, takikardia adalah kondisi yang berbahaya, ini adalah kondisi dimana detak jantung pada penderita takikardia paling sedikit terjadi sebanyak 100 kali per menit.

Tingginya frekuensi detak jantung akan membuat jantung bekerja lebih keras, keadaan ini akan mengakibatkan jantung tidak efektif dalam memompa yang mengakibatkan aliran darah akan berkurang. Takikardia dapat menimbulkan beberapa komplikasi antara lain adalah stroke atau serangan jantung, akibat penggumpalan darah, gagal jantung, sampai pada kematian mendadak.

Cara menghindari takikardia adalah dengan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini menyerang anak Anda:

  • Menjaga berat badan, tingkat kolesterol dan tekanan darah pada batas normal. kelebihan berat badan membuat anak Anda memiliki risiko lebih besar untuk mengalami penyakit jantung, maka dari itu menjaga berat badan yang ideal akan mengurangi risiko tersebut.
  • Selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu cara untuk menjaga bert badan adalah dengan berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang rendah lemak, selain itu juga ini berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.
  • Gunakan obat non resep dengan hati-hati. Seringkali pada saat anak menderita sakit batuk atau pilek diberikan obat yang dapat diperoleh tanpa resep dokter, kegiatan ini perlu diperhatikan karena beberapa obat pilek dan batuk mengandung stimulan yang dapat memicu detak jantung yang cepat. Bila perlu tanyakan kepada dokter obat-obat apa yang perlu dihindari agar tidak memicu takikardia terjadi.
  • Beristirahatlah lebih sering. Pada usia anak-anak tidur cukup sangat penting bagi pertumbuhannya dan baik juga untuk kesehatan jantung, usahakan anak Anda untuk tidur kira-kira selama 7 sampai 9 jam setiap malam.
  • Periksakan kesehatan anak Anda secara rutin dan laporkan setiap gejala yang timbul pada dokter Anda. Anak yang sudah memiliki penyakit jantung, sebaiknya melakukan monitoring dan ikuti rencana pengobatan untuk menurunkan risiko terjadinya tachycardia.
  • Upayakan agar pikiran anak Anda tidak stres.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY