Jaga Kondisi Tubuh Agar Puasa Berjalan Lancar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang akan mempersiapkan berbagai hal agar puasanya berjalan dengan lancar. Termasuk persiapan fisik agar tetap sehat ketika berpuasa. Ketika berpuasa, anda harus menahan lapar kurang lebih 12 jam tanpa asupan makanan. Sehingga dengan segala aktivitas yang anda lakukan membuat anda cepat lelah dan lemas karena energi yang tidak cukup tersebut dipengaruhi berkurangnya asupan makanan.

Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki aktivitas sehari-hari yang cukup padat. Apalagi seorang pria, yang cenderung memiliki aktivitas lebih berat dibandingkan dengan wanita. Anda perlu menjaga kondisi tubuh anda dengan baik. Agar puasa dan aktivitas anda berjalan lancar.

Untuk menjaga kondisi tubuh agar puasa berjalan lancar. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan melewatkan waktu sahur

Ada beberapa orang yang melewatkan waktu sahur dikarenakan terlambat bangun atau sengaja melewatkannya karena malas. Padahal hal tersebut tidak baik bagi tubuh anda. Karena waktu sahur inilah waktu dimana anda untuk memberi asupan makanan pada tubuh untuk menghasilkan energi di siang hari. Jadi sebainya jangan lewatkan waktu sahur serta hindari makan yang terlalu berlebihan ketika makan sahur.

  1. Hindari minum kopi, minuman bersoda dan dingin

Kandungan cafein yang dimiliki oleh kopi ini dapat membuat anda merasa dehidrasi sehingga hindari minum kopi ketika sahur. Sedangkan, ketika berbuka jangan langsung meminum minuman dingin karena dapat menyebabkan nyeri pada lambung. Mungkin anda bisa menyantap makanan manis terlebih dahulu sebelum minum yang dingin.

  1. Banyak minum air putih

Agar terhindar dari dehidrasi, banyaklah minum air putih. Minimal minum 8 gelas air diantara waktu sahur atau berbuka. Sehingga tubuh akan lebih berenergi.

  1. Olahraga

Meskipun berpuasa, anda harus tetap berolahraga. Dengan berolahraga tubuh akan tetap sehat ketika berpuasa. Lakukan olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki atau lari-lari kecil.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup pada malam hari juga diperlukan sehingga keesokan paginya tubuh akan bugar dan mampu menjalankan aktivitas serta puasa dengan lancar.

  1. Konsumsi vitamin yang tepat

Salah satu cara untuk membuat tubuh tetap sehat selain mengonsumsi makanan adalah mengonsumsi vitamin. Ada baiknya anda mengonsumsi vitamin sehingga tubuh lebih berenergi dan sehat. Tetapi, pastikan vitamin yang anda konsumsi aman. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here