Jambu Biji Meningkatkan Trombosit untuk Mengatasi Penyakit DBD

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demam berdarah dangue (DBD) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus Dangue yang ditularkan melalui gigitan Aedes Aegypti. Nyamuk ini biasanya sering menggit manusia di siang hari. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan di malam hari. Nyamuk tersebut senang hidup ditempat yang kotor dan lembab serta berair.

Contohnya got, tempat pembuangan sampah, dll. Penyakit ini ditandi dengan sakit kepala yang berat, demam yang mendadak selama 2-7 hari tidak menurun, mimisan, mual, muntah, nyeri otot, tulang atau sendi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh DepKes RI tahun 2014 menyatakan bahwa Indonesia mengalami kasus DBD sebanyak 71.668 orang dari kasus tersebut sekitar 641 orang meninggal.

Virus Daunge yang ditularkan melalui gigitan nyamuk masuk ke dalam tubuh dan merusak sel trombosit tubuh. Penyakit ini salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kasus kematian. Tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah yaitu menggunakan jambu biji. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari jambu untuk mengobati penyakit DBD, antara lain :

  1. Membantu memperbaiki sel trombosit yang rusak

Jambu biji memiliki kandungan berupa antioksidan yang berfungsi untuk memberikn pasangan baru terhadap ion H yang hilang menjadi atom yang awalnya aktif  untuk merusak sel menjadi tidak aktif lagi. Seseorang yang mengalami demam berdarah akan mengalami kerusakan trombosit yang mengakibatkan hilangnya pasangan ion H di dalam tubuh. Dingding sel yang tipis dan sensitif pada sel trombosit mempermudah virus untuk masuk ke dalam sel tersebut.

  1. Pertumbuhan virus dapat terhenti

Quercetin merupakan zat kimia yang biasanya ditemukan di dalam buah dan sayur. Jambu memiliki kandungan zat quercetin yang dapat digunakan sebagai anti alergi (antihistamin), anti radang (anti-inflamasi) dan antioksidan yang berperan sebagai pencegahan pembentukan enzim mRNA. Enzim mRNA merupakan suatu jenis enzim yang dapat memperkuat virus dangue dan menyebarkan ke dalam tubuh pasien.

  1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Jambu biji memiliki kandungan mineral yang berfungsi untuk mengatur cairan yang masuk dan cairan yang keluar dari tubuh, hal ini dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada pasien demam berdarah. Pasien demam berdarah dapat mengalami dehidrasi karena banyaknya jumlah cairan yang keluar melalui muntah, kencing, dll. Sehingga untuk pasien DBD saat dirawat akan dihitung cairan yang keluar dengan menggunakan tehnik balance caira menggunakan rumus IWL. Selain itu jambu biji memiliki kandungan zat besi, fospor, magnesium, kalsium yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah keping darah dan pembuluh darah yang mengalami kerusakan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga jika tubuh seorang pasien demam berdarah kuat maka dapat mendukung proses penyembuhan dan tubuh dapat melawan penyebaran virus daunge. Selain itu vitamin C dapat membantu proses pematangan sel darah dan pembentukan tulang serta dentin. 100 gram jambu biji mengandung 183 vitamin C. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here