Jangan Cabut Gigi Anak Sembarangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda kebingungan dalam menghadapi anak Anda yang sudah mulai mengalami tanggal gigi? Biasanya anak yang akan mengalami tanggal gigi mengeluh sakit, panas dan lain sebagainya. Ternyata rasa sakit itu karena gigi anak sudah mulai tanggal. Kemudian ada beberapa orangtua yang membantu pencabutan gigi anak dengan cara sembarangan. Padahal cara ini tidak dibenarkan.

Mengapa Gigi Anak Tidak Boleh Dicabut Sembarangan?

Sebagai orangtua, tidak disarankan untuk mencabut gigi anak sembarangan karena beberapa faktor sebagai berikut:

  • Anak Mengalami Infeksi Rongga Gigi

Infeksi rongga gigi dapat terjadi karena adanya goresan. Jika gigi anak dicabut sembarangan tentu hal ini bisa terjadi. Jika Anda mencabut gigi sembarangan, maka besar kemungkinan terdapat infeksi rongga gigi dan gigi terasa ngilu. Pencabutan gigi yang tidak tepat bisa mengakibatkan infeksi rongga gigi sehingga terjadi kemiringan beberapa derajat.

  • Anak Mengalami Gangguan Penglihatan

Jika orangtua melakukan pencabutan gigi anak secara sembarangan, maka bisa jadi terjadi komplikasi di dalam tubuh. Jika Anda mencabut gigi anak secara sembarangan maka bisa mengakibatkan tekanan darah naik sehingga terjadi pendarahan di dalam cairan di bola mata.  

  • Gigi Terasa Ngilu

Seorang anak bisa jadi merasa ngilu karena gigi susu harus dicabut dengan cara sembarangan. Saat gigi anak tanggal dan dicabut menggunakan metode tradisional maka akan terasa ngilu dalam beberapa hari. Bahkan saat Anda mencabut gigi anak di dokter spesialis, tentu akan ada obat bius yang disuntikkan ke dalam gusi, sehingga rasa ngilu tidak akan menyerang anak Anda.

Sebenarnya mencabut gigi sendiri tanpa bantuan ahli dapat berakibat fatal. Infeksi gigi bisa terjadi karena proses mencabut gigi tidak tepat. Terjadinya infeksi gigi dapat mempengaruhi gusi dan organ vital. Beberapa kasus sinusitis, infeksi gigi menjadi faktor utama anak mengalami rasa sakit. Prosedur pencabutan gigi dengan cara bedah dapat dilakukan oleh siapa pun orang atau bukan ahli medis sehingga memicu banyaknya anak yang mengalami infeksi.

Ada beberapa orang yang mencabutkan gigi anaknya pada dokter ahli di bidangnya karena takut mencabut gigi sendiri karena dapat mengakibatkan kebutaan. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara saraf gigi dan saraf mata. Maka dapat dilakukan prosedur pencabutan gigi dengan baik salah satunya dengan memberikan antibiotik pada anak.

Demikian informasi mengenai larangan mencabut gigi anak sembarangan. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca sehingga lebih waspada untuk merawat gigi anak. Banyak anak yang tumbuh dewasa dengan gigi tidak rapi, salah satunya ialah metode yang salah dalam pencabutan gigi ini. Jadi biar gigi anak Anda rapi, dibawa saja ke dokter spesialis. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY