Jarang Menggosok Gigi Penyebab Gigi Berlubang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menggosok gigi merupakan suatu upaya seseorang untuk menjaga kebersihan diri atau dalam istilah lain yaitu suatu upaya personal hygiene. Menurut para ahli kesehatan gigi dalam sehari dianjurkan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari di pagi dan malam hari sebelum tidur. Menggosok gigi tidak hanya sekedar suatu aktivitas personal hygiene, akan tetapi menggosok gigi berfungsi untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu apabila kita memiliki gigi yang bersih dan sehat akan membuat kita tampil percaya diri pada saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Apabila anda jarang menggosok gigi maka anda akan beresiko mengalami masalah kesehatan seperti bau mulut, gigi berlubang, penyakit jantung, pembuluh darah tersumbat, stroke, gusi berdarah, infeksi pada jaringan ikat dasar mulut, abses otak, selulit wajah dan gangguan kesehatan lainnya. Kebersihan mulut juga mempengaruhi nafsu makan anda. Apabila mulut dalam keadaan bersih tanpa mengalami gangguan tentunya anda akan merasa makan dengan enak tetapi apabila kondisi mulut mu mengalami gangguan seperti gigi berlubang atau sakit gigi tentunya akan membuat selera makan anda menjadi berkurang.

Apa penyebab gigi berlubang?

Selain mengkonsumsi makanan yang manis, penyebab lain gigi berlubang yaitu karena malas menggosok gigi dan mengalami kesalahan pada saat menggosok gigi. Bagi anda yang malas dan jarang menyikat gigi akan beresiko mengalami gigi berlubang karena sisa makanan yang menempel pada gigi dan adanya kuman akan menyebabkan gigi mengalami pengikisan pada email gigi dan setelah sekian lama akan membuat gigi menjadi retak dan berlubang.

Cara mengosok gigi yang salah juga merupakan resiko terjadinya gigi berlubang. Menggosok gigi dengan benar akan membuat kotoran dari sisa makanan akan menghilang lebih sempurna sehingga gigi akan lebih bersih dan terhindar dari kuman yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu pemilihan sikat gigi yang keras dan kasar akan lebih beresiko terjadinya gigi berlubang.

Bagaimana cara menggosok gigi dengan benar?

  1. Siapkan pasta gigi dan sikat gigi. Sebaiknya gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan sebaiknya gunakan sikat gigi yang memiliki kepala sikat lebih kecil yang berfungsi untuk menjangkau bagian gigi yang paling dalam
  2. Sebelum menyikat gigi jangan lupa untuk menyikat lidah terlebih dahulu
  3. Bulu sikat gigi diletakan pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi 45 derajat
  4. Mulailah menyikat gigi pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang disalah satu mulut anda
  5. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama 20 detik pada setiap bagian
  6. Untuk membersihkan gigi bagian dalam, pegang sikat dalam posisi vertikal dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi
  7. Sebaiknya anda menyikat gigi dalam waktu 2-3 menit untuk membersihkan seluruh bagian gigi
  8. Bilas mulut dan sikat gigi menggunakan air sampai bersih (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here