Jenis Dan Tips Kehamilan Kembar

SehatFresh.com – Kehamilan kembar yang secara medis dikenal juga istilah gemeli, menjadi salah satu kabar yang begitu membahagiakan bagi pasangan muda, apalagi untuk pasangan yang baru pertama kali akan mempunyai buah hati. Dengan melahirkan kembar, pasangat tersebut akan langsung mendapatkan 2 anak atau bahkan lebih. Tapi, tentunya perawatan yang harus Anda lakukan selama masa kehamilan harus dalam porsi lebih dibandingkan jika Anda hamil satu bayi. Anda harus memberikan suplai gizi dan nutrisi tentunya harus lebih banyak dari porsi Anda hamil biasa.

Kejadian kehamilan kembar lebih jarang terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil (primigravida). Selain itu faktor umur dapat berpengaruh. Semakin tua usia, ia mempunyai peluang lebih besar untuk hamil kembar. Perubahan hormon seiring dengan penambahan usia memungkinkan sel telur yang dilepaskan oleh ovarium lebih dari satu sehingga pembuahan akan terjadi pada telur-telur ini.

Jenis kembar

  • Kembar identik

Kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang dibuahi satu sel sperma terbagi/membelah menjadi dua janin yang identik. Kembar identik mempunyai plasenta yang sama (berbagi plasenta) tetapi mempunyai kantung ketuban bersatu atau masing-masing. Kembar identik umumnya mempunyai karakteristik yang sama, jenis kelamin yang sama, wajah yang hampir serupa, mempunyai genetik yang identik. Jenis kembar ini adalah yang paling sering kita temui di sekitar kita.

  • Kembar fraternal

Kembar fraternal terjadi ketika dua sel telur dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda. Sel-sel telur yang telah dibuahi ini berkembang menjadi janin yang mempunyai plasenta, kantung ketuban masing-masing. Kembar ini bisa jadi keduanya laki-laki, keduanya perempuan atau lak-laki dan perempuan. Secara genetik, kembar fraternal mempunyai genetik yang berbeda dari saudara kembarnya.

Dokter akan mendiagnosis bahwa Anda hamil kembar ketika rahim Anda terlihat lebih besar dari wanita hamil biasa atau terlihat ada dua denyut jantung janin. Pemeriksaan ini akan dilakukan dengan pencitraan gelombang suara atau lebih dikenal dengan ultrasonografi (USG).

Ada beberapa kasus yang tadinya sang ibu didiagnosis hamil kembar, tetapi setelah masa melahirkan, bayi yang lahir hanya satu. Pada dunia medis, kejadian ini sering disebut sindrom hilang kembar vanishing twin syndrome. Bisanya karena janin yang tidak berkembang dan tidak terperiksa dengan baik. Ketika Anda hamil kembar, ketelitian dan kehatia-hatian Anda harus lebih dari pada orang-orang yang hamil dengan satu bayi.

Tips pada kehamilan kembar :

  • Check up lebih sering

Jika Anda sudah didiagnosis mempunyai kehamilan kembar, Anda bisa jadi aakan mempersering jadwal check up sesuai dengan kodisi dan petunjuk dokter. Kehamilan kembar lebih berisiko dari pada kehamilan biasa, sehingga perlu perhatian lebih dari tenaga medis.

  • Konsumsi Zat Gizi

Konsumsi zat gizi yang baik harus ditingkatkan untuk memastikan janin Anda tidak kekurangan nutrisi selama kehamilan.

  • Tindakan pencegahan

Aktifitas yang berisiko harus dibatasi selama masa kehamilan, apalagi ketika Anda hamil kembar. Dokter akan meminta Anda untuk berhenti melakukan pekerjaan yang mungkin membahayakan bayi Anda.

Sumber gamabar : tipshamilcepatku.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY