Jenis Gangguan Seksual pada Pria (Ejakulasi, Orgasme, Ereksi dan Libido)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Disfungsi seksual atau gangguan seksual adalah suatu kondisi terdapat kendala pada siklus hubungan seksual, sehingga tidak mendapatkan kenikmatan atau kepuasan. Gangguan seksual yang umumnya dialami pria terkait ejakulasi, orgasme, ereksi dan libido.

Faktor fisik yang menyebabkan gangguan seksual

Seperti yang diketahui jika gangguan fisik dapat mengakibatkan munculnya gangguan seksual. Gangguan fisik yang dimaksud seperti terserang penyakit diabetes, penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah, gangguan pada saraf, gangguan pada hormon, penyakit gagal ginjal, penyakit gagal hati, hingga pengkonsumsian obat terlarang.

Kemudian faktor yang terkait fisik lainnya juga bisa muncul dari efek samping beberapa jenis obat anti depresi. Efek samping dari obat-obatan tersebut dapat mengakibatkan turunnya gairah seksual, sehingga tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

Faktor psikologis yang menyebabkan gangguan seksual

Faktor psikologis yang dapat mengakibatkan gangguan seksual antara lain stress, rasa cemas, depresi, rendahnya rasa percaya diri, munculnya rasa bersalah, hingga trauma pada hubungan seksual. Situasi psikologis tersebut dapat menyebabkan gangguan seksual pada seseorang.

Gangguan ejakulasi

Terdapat tiga bentuk gangguan ejakulasi yang umumnya menyerang pria. Pertama ejakulasi prematur, yakni ejakulasi yang muncul sebelum atau segera setelah dilakukan penetrasi. Kedua ejakulasi yang terlambat, yakni memerlukan waktu cukup lama untuk ejakulasi. Ketiga ejakulasi retrograd, yakni ejakulasi yang justru masuk ke kandung kemih, bukan ke uretra ataupun penis.

Gangguan disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi atau yang juga biasa disebut impoten adalah ketidakmampuan mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual. Disfungsi ereksi bisa diakibatkan oleh berbagai penyakit yang menyebabkan gangguan pada aliran darah.

Penyakit tersebut antara lain aterosklerosis, gangguan pada saraf, gangguan pada psikologis, hingga cedera penis. Selain itu penyakit kronik dan beberapa jenis obat juga bisa mengakibatkan terjadinya disfungsi ereksi.

Gangguan penurunan libido atau gairah seksual

Penurunan libido atau gairah seksual adalah suatu kondisi terjadinya penurunan minat untuk melakukan aktivitas seksual. Penurunan libido bisa diakibatkan faktor psikologis atau fisik seseorang. Beberapa kondisi yang mampu menyebabkan penurunan libido antara lain rasa cemas, depresi, penyakit kronik, efek samping obat-obat tertentu, hingga munculnya masalah dengan pasangan.

Gangguan orgasme

Gangguan orgasme pada pria merupakan ketidakmampuan untuk mencapai orgasme, walaupun sudah melakukan kontak seksual yang cukup lama. Pria yang terserang gangguan ini tidak mampu mengalami orgasme, meskipun telah melewati fase eksitasi seksual yang normal.

Penderita gangguan ini secara teratur bisa mengalami keterlambatan dalam orgasme atau justru tidak mengalami orgasme sama sekali. Normalnya sensasi orgasme pada pria meliputi emisi, kemudian diikuti dengan proses ejakulasi. Disatu sisi emisi merujuk pada sensasi hadirnya ejakulasi yang diproduksi oleh kontraksi kelenjar prostat, vesikula seminalis, dan uretra.

Pria yang mengalami gangguan orgasme mungkin tidak dapat menerima rangsangan seksual lebih lanjut. Tentu saja kondisi ini menjadi masalah penting, karena aktivitas seksual tidak bisa dirasakan sampai puncak kenikmatan. Bagi pria yang mengalami gangguan disfungsi seksual, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here