Jenis-jenis Gigi Palsu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi merupakan salah satu bagian dari mulut manusia yang berfungsi untuk mengunyah atau menggigit makanan. Beberapa keadaan dapat membuat gigi menjadi tanggal ataupun patah, jika ini terjadi akan membuat Anda terganggu dalam aktivitas mengunyah. Salah satu cara untuk membuat keadaan kembali seperti sebelum gigi Anda tanggal adalah memasang gigi palsu, untuk Anda yang ingin memasang gigi palsu ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis gigi palsu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis-jenis gigi palsu tersebut antara lain:

  • Gigi Palsu Lepasan. Gigi palsu ini adalah jenis gigi yang dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat dibongkar pasang oleh pasien. Gigi palsu ini  dibagi menjadi dua, yaitu gigi palsu penuh lepasan yang ditujukan untuk mengganti seluruh gigi, dan gigi palsu sebagian lepasan yang hanya digunakan untuk mengganti satu atau dua gigi saja. Akrilik, polycarbonate, valplast, dan metal frame adalah bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat gigi palsu lepasan. Setiap bahan memiliki keunggulannya masing-masing, seperti akrilik ini adalah bahan yang banyak digunakan masyarakat umum untuk gigi palsunya. Gigi palsu jenis ini berbahan akrilik, untuk bawahnya menggunakan logam. Gigi palsu jenis ini mudah untuk dibersihkan karena mudah di bongkar pasang oleh pasien. Bahan ini bisa digunakan untuk seluruh gigi. Kekurangan dari menggunakan bahan ini adalah mudah patah, plat yang digunakan tebal, dan memerlukan kawat sebagai penyangga gigi.
  • Bahan Polycarbonate. Gigi palsu dengan bahan ini tidak mudah patah, setidaknya bahan ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan bahan akrilik. Nilon digunakan dalam bahan ini sehingga membuat garis-garis merah pada saat sudah dicetak. Bahan jenis ini pun bisa digunakan untuk full denture, bahan yang menggunakan sistem inject ini pun mudah dalam proses pembersihannya. Kekurangan dari bahan jenis ini adalah tebalnya plat yg digunakan, diperlukannya kawat untuk menyangga gigi, serta harga gigi palsu dengan bahan ini lebih mahal dibanding bahan akrilik.
  • Bahan Valpast. Gigi palsu dengan bahan ini tidak mudah patah bila terjatuh karena mempunyai tekstur yang lentur, dan tidak memerlukan kawat sebagai penyangganya. Gigi palsu dengan bahan ini kurang baik untuk seluruh gigi karena kelenturannya, plat yang digunakan cukup, warnanya mudah luntur dan menguning, serta cenderung lebih mudah menyebabkan bau mulut.
  • Bahan Metal Frame. Bahan metal digunakan dalam pembuatan gigi palsu jenis ini. Jenis logam yang digunakan adalah titanuim dan chromium, terbuat dari bahan logam membuat gigi palsu ini kuat dan tidak mudah patah. Plat pada gigi dengan bahan ini pun dapat dibuat tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Proses pembersihan dengan bahan ini juga mudah. Kekurangan dari bahan ini tetap memerlukan kawat penyangga. Gigi dengan bahan ini menjadi yg paling mahal karena menggunakan logam untuk platnya, dan bahan ini tidak cocok untuk perawatan full denture (seluruh gigi).
  • Gigi Palsu Mahkota (crowne). Jenis ini merupakan gigi palsu untuk menutupi gigi asli yang akarnya masih bagus namun gigi luarnya rusak. Crowne akan menutupi bagian gigi yang rusak. Gigi palsu ini adalah tidak memerlukan pencabutan gigi asli. Perawatan dari gigi palsu ini relatif harus berhati-hati, apabila terjadi kerusakan akan berakibat pada patahnya gigi palsu.
  • Gigi Palsu Permanen Dengan Sistem Implan. Jenis gigi palsu ini menggunakan teknik terbaru dalam pemasangannya. Teknik pemasangan yang digunakan adalah dengan menanam gigi palsu ke dalam gusi. Tidak semua orang dapat menggunakan jenis gigi palsu ini karena dibutuhkan beberapa syarat, antara lain: tidak ada kelainan sistemik pada gusi pasien, bentuk rahang atas memiliki lengkung yang sempurna, ketebalan tulang yang memadai dan beberapa persyaratan lainnya. Pemasangan gigi palsu yang bersifat permanen ini relatif membutuhkan waktu lebih lama dan pemasangan yang cukup rumit, jika terjadi kerusakan maka harus dibongkar dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Itulah tadi jenis-jenis gigi palsu yang ada. Pilihlah jenis gigi palsu sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan dengan dokter gigi profesional untuk mendapatkan gigi palsu yang sesuai dengan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY