Jenis-jenis Karbohidrat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Karbohidrat merupakan zat atau senyawa organik yang fungsinya sebagai sumber energi dan sangat penting bagi tubuh makhluk hidup. Karbohidrat juga memiliki peran penting bagi proses fotosintesis tumbuhan.

Apa Saja Jenis Karbohidrat?

Karbohidrat dikategorikan sebagai karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana ialah gula sederhana, sedangkan karbohidrat kompleks memiliki lebih dari unit gula sederhana dalam 1 molekulnya. Jenis karbohidrat sederhana ialah sebagai berikut:

  1. Monosakarida

Monosakarida ialah karbohidrat yang tidak dihidrolisis menjadi bentuk lebih sederhana. Monosakarida seperti glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa, dan lain sebagainya. Monosakarida merupakan heksosa yang memiliki lebih dari 6 cincin karbon.

Terdapat tiga jenis heksosa yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Ketiganya jenis ini memiliki jumlah atom yang sama. Perbedaan hanya terletak pada penyusunan atom, tingkat kemanisan, dan daya larutnya.

Jenis Monosakarida ialah sebagai berikut:

  • Glukosa

Glukosa ialah aldoheksosa atau dekstrosa yang dapat melakukan  polarisasi ke kanan. Glukosa ialah bagian dari komponen utama gula darah yang menyusun 0,065- 0,11% dari darah kita. Glukosa dibentuk dari hidrolisis pati, glikogen, dan maltosa. Glukosa memiliki peran penting untuk sel tubuh sehingga dapat menghasilkan energi. Glukosa juga merupakan dioksidasi pereaksi Tollens yang dapat digunakan sebagai gula pereduksi.

  • Galaktosa

Galaktosa ialah aldoheksosa yang terdapat di alam bebas. Ini merupakan wujud dari glukosa dan laktosa atau gula yang terkandung di dalam susu. Galaktosa memiliki rasa manis dibandingkan dengan glukosa yang sifatnya kurang larut ketika disatukan dengan air. Glukosa dan galaktosa juga merupakan gula pereduksi.

  • Fruktosa

Fruktosa merupakan heksulosa yang terdapat dalam madu dan buah-buahan..Fruktosa dapat terbentuk dari hidrolisis suatu disakarida yang disebut sukrosa atau suatu gula pereduksi.

2. Disakarida

Disakarida merupakan molekul penting karbohidrat yang diperlukan tubuh manusia. Disakarida merupakan molekul tunggal karbohidrat yang berhubungan.. Tubuh manusia dapat mencerna disakarida dalam makanan yang dikonsumsi.

Jenis-jenis Disakarida

  • Laktosa

Laktosa terdapat di dalam susu. Kandungan laktosa dalam susu berwarna kuning, putih, dan bersih. Laktosa merupakan gula dalam susu yang aman masuk ke tubuh. Laktosa juga bisa didapatkan dari produk olahan roti, aneka kue, donat, dan juga olahan es krim.

  • Sukrosa

Sukrosa dihasilkan alami dari tanaman yang menghasilkan buah dan karbohidrat yang tersimpan dalam buah sehingga memiliki rasa manis. Sukrosa masuk ke dalam tubuh dan dipecah oleh enzim beta fructosidase.

Pemecahan menghasilkan glukosa dan juga fruktosa. Tubuh menggunakan sukrosa sesuai kebutuhan. Sukrosa merupakan jenis disakarida atau makanan yang manis.

  • Maltosa

Maltosa merupakan gula gandum atau jenis disakarida yang terbentuk dari dua glukosa. Penggabungan dua glukosa terdapat adanya ikatan alfa oleh kondensasi yang berfungsi sebagai pemanis pada makanan.

Olahan maltosa ada di dalam beberapa jenis permen, bahan pengoles roti atau selai. Demikian informasi mengenai jenis karbohidrat, semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here