Jenis-jenis Kehamilan Janin Kembar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan kembar merupakan suatu kehamilan dimana terdapat dua atau lebih janin di dalam rahim ibu. Istilah kehamilan kembar dalam dunia medis di kenal dengan sebutan kehamilan gameli. Banyak faktor penyebab terjadinya kehamilan kembar. Untuk mengetahui secara jelas berikut ini beberapa jenis kehamilan kembar diantaranya :

  1. Jenis kehamilan kembar identik

Kehamilan kembar identik yaitu suatu kehamilan yang berasal dari satu sel telur, jenis kehamilan ini disebut dengan istilah kembar monozygotic. Proses terjadinya jenis kehamilan kembar ini yaitu satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma, kemudian membelah diri menjadi dua belahan. Setelah itu hasil konsepsi itu menempel di dingding rahim dan berkembang sendiri-sendiri menjadi janin yang sempurna. Kasus kehamilan kembar jenis ini terjadi sekitar 1 dari 150 kelahiran. Faktor terjadinya kembar identik yaitu disebabkan karena faktor alam sekitar 75% dan bukan disebabkan karena faktir keturunan. Biasanya jenis kembar ini memiliki satu plasenta dengan satu atau dua selaput ketuban. Berikut ini ciri khas dari kehamilan kembar identik yaitu :

  • Bayi selalu berjenis kelamin sama (perempuan dan perempuan atau laki-laki dan laki-laki).
  • Memiliki wajah dan penampilan yang sama. Biasanya kedua anak tersebut memiliki kepribadian yang sangat mirip.
  • Anak kembar dari jenis ini tercatat berumur lebih panjang dibandingkan dengan dengan anak kembar yang berjenis fraternal. Pada umumnya dapat berumur hingga 100 tahun.

2. Jenis kehamilan kembar fraternal

Kehamilan fraternal disebut dengan kembar dizigot, yaitu suatu proses kehamilan kembar yang terjadi dimana satu atau lebih sel telur yang dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Hasil dari kedua konsepsi tersebut berkembang menjadi janin yang sempurna. Kemungkinan kasus terjadinya kembar jenis ini yaitu sekitar 1 dari 60 kelahiran. Selain itu, kehamilan jenis ini bersifat genetik yang diturunkan dari keluarga. Ciri khas dari kembar jenis ini yaitu :

  • Anak yang dilahirkan dari jenis kehamilan kembar fraternal biasanya memiliki jenis kelamin yang berbeda (wanita dan pria).
  • Biasanya wajah dan penampilan kedua anak tersebut tidak terlalu mirip, bahkan terlihat seperti adik kakak.
  • Meskipun anak kembar jenis ini dapat berumur sekitar 80-90 tahuan akan tetapi tidak sepanjang anak kembar identik.

3. Jenis kehamilan kembar superkundasi

Kehamilan kembar jenis superkundasi merupakan suatu proses kehamilan dimana terjadi dua telur yang dikeluarkan pada ovulasi yang sama dan dibuahi dalam jangka waktu yang pendek akan tetapi pada koitus yang berbeda atau tidak sama. Seorang Dr John Archer dari Amerika Serikat pada tahun 1810 melaporkan sebuah peristiwa yang menarik dimana terdapat seorang wanita yang memiliki kulit putih berhubungan seks dengan dua orang pria yang memiliki kulit putih dan berkulit hitam dalam waktu yang pendek.

Kemudian wanita tersebut hamil dan melahirkan anak kembar dimana satu dari anaknya berkulit putih dan yang lainnya memiliki kulit campuran (mulatto). Kasus yang sama telah dilaporkan oleh Dr David Harris pada tahun 1982 dimana ada seorang wanita yang melahirkan bayi kembar, dimana satu anaknya berkulit mulatto dan memiliki golongan darah A. Sedangkan bayi lainnya berkulit putih dan memiliki golongan darah O.

  1. Jenis kehamilan kembar superfetasi

Jenis kehamilan superfetasi yaitu suatu jenis kehamilan kembar dimana terjadi kehamilan kedua setelah beberapa minggu atau beberapa bulan setelah kehamilan pertama terjadi. Jenis kehamilan ini belum terbukti terjadi pada manusia. Sekalipun telah diketahui jenis kehamilan ini terjadi pada kuda betina. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here