Jenis – Jenis Kehamilan Kembar

SehatFresh.com – Ketika ibu mengetahui sedang mengandung bayi kembar, hal ini tentunya menjadi suatu kegembiraan tersendiri bagi ibu dan ayahnya. Pasalnya, banyak orang yang menginginkan bayi kembar karena ingin memiliki sepasang anak yang lucu dan unik. Bahkan, tidak jarang beberapa pasangan mencoba berbagai strategi kehamilan demi mendapatkan bayi kembar. Tapi pernahkah kita membayangkan bagaimana proses terbentuknya bayi kembar itu? Mengapa bayi kembar kadang tak sama?

Kehamilan kembar adalah kondisi kehamilan dimana terdapat dua janin ataupun lebih dalam rahim. Proses terjadinya bayi dimulai dengan pertemuan dua buah sel masing-masing milik wanita dan pria. Sel tersebut bertemu dalam proses yang disebut proses pembuahan dan mulai berkembang dalam rahim hingga akhirnya lahir sebagai bayi.

Diketahui ada dua jenis kehamilan kembar, yaitu pertama adalah kehamilan kembar yang berasal dari satu sel telur atau disebut monozigotik. Sedangkan yang kedua adalah kehamilan kembar yang berasal dari dua sel telur yang dibuahi atau lebih yang disebut dizigotik. Pada kehamilan monozigotik, jenis kelamin, golongan darah, wajah, cap tangan dan kaki, cenderung sama. Sementara itu, jenis kelamin, golongan darah, wajah dan cap tangan bisa berbeda pada kehamilan dizigotik.

  • Kehamilan kembar monozigotik
    Kehamilan kembar monozigotik atau sering disebut juga kembar identik adalah kehamilan kembar yang terjadi dari satu telur yang dibuahi oleh satu sperma. Untuk alasan yang belum diketahui secara pasti, telur yang sudah dibuahi membelah menjadi dua atau lebih embrio pada perkembangan tahap pertama. Kembar identik pada umumnya memiliki plasenta yang sama tetapi kantung amnion yang terpisah pada rahim. Bahkan ada juga kembar identik yang hanya memiliki satu kantung amnion (cairan ketuban).

Kembar monozigotik diketahui merupakan salah satu penyebab meningkatnya risiko kembar siam, di mana janin menempel satu sama lainnya, satu tubuh berkepala dua dan perut saling menyatu. Hal ini terjadi karena masing-masing sel tidak membelah dengan sempurna.

  • Kehamilan kembar dizigotik
    Kehamilan kembar dizigotik atau disebut juga fraternal adalah kehamilan yang berasal dari dua telur yang dibuahi sperma yang berbeda. Proses pembuahan dapat terjadi pada dua buah atau bahkan lebih sel milik wanita dalam satu rahim, sehingga dalam satu rahim dapat berkembang dua atau lebih bayi. Diperkirakan kehamilan ini mendominasi 2/3 dari total kehamilan kembar. Jenis kelamin dapat sama atau berbeda, bahkan mungkin tidak menunjukkan kemiripan yang signifikan.
  • Risiko kehamilan kembar
    Hamil lebih dari satu janin dapat meningkatkan risiko selama kehamilan, baik bagi janin maupun sang ibu. Kehamilan kembar berisiko memiliki kelainan dalam kandungan dan penyakit keturunan. Karena mereka pada umumnya bayi akan lahir prematur, maka janin kembar biasanya dihadapkan dengan lebih banyak masalah setelah lahir. Salah satunya, kembar monozigot adalah kehamilan yang berisiko tinggi untuk terjadinya kembar siam.

Beberapa kehamilan bayi kembar juga berisiko lebih tinggi memiliki berat badan lahir rendah, menderita cerebral palsy, dan bahkan kematian. Ibu yang melahirkan anak kembar umumnya juga akan melahirkan melalui prosedur caesar, terutama bila memiliki 3 bayi atau lebih. Maka dari itu, ibu yang tengah hamil anak kembar harus lebih peduli dan lebih rajin memeriksakan kesehatannya dengan dokter ahli guna meminimalkan risiko komplikasi terkait kehamilannya.

Sumber gambar : tya-serbaserbikebidanan.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY