Jenis-Jenis Minyak Zaitun dan Kandungan Nilai Gizinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang memiliki banyak kegunaan. Minyak zaitun ini diekstrak dari tanaman pohon zaitun asli cekungan mediterania. Minyak ini memiliki banyak manfaat mulai dari untuk memasak hingga digunakan untuk bahan kosmetik dan perawatan kecantikan sehari-hari. Di banyak negara-negara Mediterania minyak zaitun digunakan sebagai obat alami.

Selain manfaatnya yang banyak. Ternyata minyak zaitun juga memiliki jenis yang banyak dan tentunya dengan banyak kandungan di masing-masing jenis minyak zaitun tersebut. Agar anda lebih paham, berikut akan dijelaskan jenis-jenis minyak zaitun beserta nilai gizi yang dikandungnya:

  1. Extra virgin olive oil

Minyak zaitun jenis extra virgin olive oil ini dihasilkan dari perasan pertama melalui proses cold press atau perasan dingin. Karena dibuat dari proses cold prees maka extra virgin olive oil ini tidak mengalami pemanasan dan bebas dari bahan kimia. Minyak zaitun jenis ini adalah yang paling murni dengan tingkat keasaman yang rendah kurang dari 0.8%. Extra virgin paling dianjurkan untuk kesehatan dan juga bisa diminum secara langsung.

  1. Virgin olive oil

Jika extra virgin olive oil diperoleh dari perasan pertama, virgin olive oil adalah perasan kedua dari buah yang lebih matang.  Tingkat keasaman virgin olive oil ini lebih tinggi dibandingkan extra virgin olive oil. Meski kualitasnya dibawah extra virgin olive oil, minyak zaitun jenis ini masih bagus dikonsumsi dan juga bisa digunakan untuk kecantikan.

  1. Revined olive oil

Dua jenis minyak zaitun di atas didapatkan dengan proses pemerasan, sedangkan revined olive oil ini diperoleh dari proses penyulingan. Oleh karena itu kualitasnya lebih rendah dari keduanya. Revined olive oil ini memiliki tingkat keasaman 3,3% atau lebih, bauya kurang sedap dan juga kurang enak jika dikonsumsi secara langsung atau untuk memasak.

  1. Pure olive oil

Apakah anda orang yang sering menggunakan minyak zaitun? Jika iya, bisa jadi minyak zaitun yang anda gunakan adalah jenis pure olive oil dimana jenis ini yang sering atau banyak dijual di pasaran. Pure olive oil ini dibuat dari campuran revined olive oil dan virgin olive oil. Tingkat keasaman pure olive oil ini adalah 2 persen.

  1. Extra light olive oil

Satu lagi jenis minyak zaitun yang dihasilkan dari proses pencampuran yaitu extra light olive oil. Extra light olive oil ini dibuat dari campuran minyak zaitun murni dan minyak zaitun hasil proses penyulingan. Meski kualitasnya yang rendah tapi minyak ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here