Jenis-jenis Penyakit Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Umumnya orang menganggap penyakit jantung hanya sebagai serangan jantung saja. Serangan jantung merupakan hasil akhir dari berbagai jenis penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyakit yang menerang jantung dan sistem pembuluh darah. Jantung berperan sebagai pemompa darah.

Penyakit jantung tidak mengenal usia tua atau muda, bahkan bayi baru lahir pun bisa mengalami kelainan pada jantung. Penderitanya juga sering terkena komplikasi.

Berikut jenis-jenis penyakit jantung yang perlu Anda ketahui:

  • Infark Miokard Akut

Infark miokard yaitu kematian otot jantung akibat suplai oksigen yang tidak mencukupi dalam waktu lama disebabkan penyumbatan arteri koroner. Otot-otot jantung akan tidak tersuplai darah hingga mengalami kerusakan bahkan kematian.

  • Aterosklerosis

Aterosklerosis terjadi akibat dinding arteri mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan buangan sel lainnya yang mengendao sehingga pasokan darah ke sel-sel otot terhambat. Hal ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Apabila terjadi pada jantung maka akan disebut penyakit koroner atau jantung iskemik. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan stroke jantung. Gejala awal ditandai dengan rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena berjurangnya pasokan darah dalam jantung.

  • Kelainan Katup Jantung

Jantung memiliki 4 katup. Katup jantung berfungsi mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Kelainan pada katup jantung akan mengganggu aliran darah dalam jantung. Tiga jenis kelainan katup jantung, yaitu: pengecilan, kebocoran, dan katup tanpa lubang.

  • Gagal Jantung

Gagal jantung terjadi karena jantung tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Gejala yang terjadi pada gagal jantung adalah pembengkakan pada kaki dan tangan, berat badan bertambah atau berkurang sebelum terjadi pembengkakan karena kelebihan cairann, nafas pendek, lelah terus menerus, rasa tidak nyamman pada dada dan lengan karena penyumbatan arteri koroner.

  • Perikarditis

Perikarditis merupakan peradangan pada kantung jantung sehingga menimbulkan penimbunan cairan dan penebalan. Umumnya disebabkan inveksi virus dan terapi penyinaran untuk kanker payudara. Gejala pericarditis adalah sesak nafas, batuk, tekanan darah tinggi, kelelahan sehingga kerja jantung tidak efisien. Konsumsi obat untuk mengurangi cairan dapat membantu mengurangi gejala pericarditis tetapi kesembuhan total dilakukan dengan mengangkat pericardium.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY