Jenis-jenis Skizofrenia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Skizofrenia adalah suatu kondisi dimana kesehatan mental mengalami gangguan yang serius yang menyebabkan gangguan pikiran, keyakinan dan pengalaman. Orang yang memiliki gangguan ini kesulitan dalam membedakan antara realita dan mana yang hanya khayalan atau alam pikiran.

Skizofrenia telah dikategorikan oleh para pakar, jenis skizofrenia diklasifikasikan sesuai dengan gejala yang dialami oleh penderita skizofrenia. Gejala-gejala skizofrenia dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sangat mungkin jika seseorang mengembangkan lebih dari satu jenis skizofrenia. Berikut adalah jenis-jenis dari skizofrenia:

  • Skizofrenia paranoid. Skizofrenia paranoid adalah salah satu jenis skizofrenia, di mana penderita gangguan ini mengalami delusi dan halusinasi pendengaran. Mereka mulai percaya adanya orang lain yang bersekongkol melawan mereka, atau orang-orang yang mengirim pesan kepada mereka melalui televisi atau radio. Mereka merasa sedang dimata-matai oleh orang yang mereka percaya. Mereka mungkin mendengar suara-suara yang mengomentari perilaku mereka, berbicara dengan mereka dan menyuruh mereka untuk melakukan sesuatu. Jenis skizofrenia ini dianggap paling mudah diobati dari semua jenis lainnya.
  • Skizofrenia katatonik. Skizofrenia katatonik adalah jenis skizofrenia di mana penderita skizofrenia biasanya tidak terkoordinasi, merasa canggung, dan memiliki perangai yang tidak biasa. Penderita gangguan skizofrenia ini memiliki gangguan dalam gerakan. Mereka cenderung untuk membuat gerakan berulang-ulang yang tidak biasa seperti mengepakkan tangan atau kaki mereka. Dalam beberapa kasus, penderita skizofrenia akan duduk, berdiri atau tinggal dalam posisi yang aneh selama berjam-jam atau berhari-hari. Mereka benar-benar tidak mampu mengurus diri sendiri karena perilaku mereka. Kadang-kadang, orang tersebut mengulangi satu kata atau kalimat berulang-ulang. Skizofrenia katatonik adalah salah satu jenis skizofrenia yang langka.
  • Skizofrenia residual. Orang yang menderita gangguan skizofrenia untuk jangka panjang dapat mengembangkan skizofrenia residual. Penderita gangguan skizofrenia jenis ini menunjukkan gejala seperti suara yang monoton, wajah kosong, kurangnya kebahagiaan, ketidakmampuan untuk melakukan suatu kegiatan yang direncanakan, kurangnya interaksi dengan orang lain. Orang-orang ini membutuhkan bantuan dalam kegiatan sehari-hari karena mereka tidak bisa mengurus diri sendiri.
  • Skizofrenia tidak teratur. Gejala skizofrenia tidak teratur meliputi perilaku seperti anak kecil, bicara tidak teratur dan perilaku serta proses pemikiran yang tidak biasa. Mereka tidak mampu mengatur pikiran mereka dan berpikir dengan logis. Mereka juga cadel dalam berbicara, yang membuatnya sulit untuk dipahami atas apa yang mereka bicarakan. Mereka memiliki suara yang monoton, ekspresi wajah kosong atau bergerak dan berperilaku tanpa arah. Mereka tidak bisa mengurus diri sendiri seperti kebersihan diri. Hal ini membuat mereka merasa gelisah dan frustrasi.
  • Skizofrenia tidak terdiferensiasi. Skizofrenia ini adalah jenis skizofrenia di mana penderita menunjukkan gejala yang tidak dapat dikategorikan. Ini berarti ada gejala yang berbeda dan menonjol dalam setiap jenis, tetapi tidak dapat dikelompokkan ke dalam salah satu dari jenis skizofrenia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY