Jenis Kanker yang Dapat Menyerang Seorang Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker merupakan jenis penyakit yang mematikan karena kanker dapat menyebar keseluruh tubuh sehingga menimbulkan kematian, kanker sendiri dapat terjadi karena adanya pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh.

Ada begitu banyak jenis kanker di dunia ini, namun bagi pria ada beberapa jenis kanker yang umumnya terjadi, jenis kanker yang umumnya terjadi pada pria, antara lain:

  • Kanker porstat. Anker portastat adalah jenis kanker yang menyerang kelenjar porstat yaitu kelenjar yang berada disekitar saluran kencing, kelenjar ini berfungsi untuk membantu menghasilkan semen dan cairan sperma.
  • Kanker penis. Seperti dari namanya kanker penis adalah jenis kanker yang menyerang alat kelamin pria. Para pria umumnya tidak terlalu memperhatikan kebersihan alat kelaminnya sehingga resiko terkena kanker ini pun bertambah. Kanker ini umumnya disebabkan oleh rokok atau virus HVP (Human Papilloma virus).
  • Kanker paru-paru. Karena sebagian pria identik dengan rokok maka jenis kanker yang sering dialami pria selajutnya adalah kanker paru-paru, kanker paru-paru sendiri tidak hanya diderita pada perokok ktif saja melainkan para perokok pasif pun dapat terkena kanker ini.
  • Kanker kulit. Kebanyakan pria cuek dengan kebersihan dan kesehatan kulitnya, maka kanker kulit sering terjadi pada pria, kanker kulit yang terjadi pada pria umumnya lebih ganas dibandingkan dengan kanker kulit pada wanita. Para pria tidak perlu khawatir karena jika dapat dideteksi secara dini, kanker kulit pun dapat diatasi.
  • Kanker usus besar. Kanker jenis ini umumnya terjadi pada pria dengan usia 50 tahun ke atas, umumnya penyebab kanker ini adalah alkohol dan juga pola hidup yang tidak sehat semasa muda, sehingga terjadi penumpukan zat-zat berbahaya yang dapat memicu kanker usus besar dan kebanyakan gejalanya mulai terasa saat sudah usia tua. Salah satu ciri dari kanker jenis ini adalah terjadinya pendarahan bersamaan dengan buang air besar.
  • Kanker kandung kemih. Ini adalah keadaan dimana adanya pertumbuhan jaringan tidak normal atau adanya tumor ganas pada dinding kandung kemih. Jika Anda tiba-tiba sering buang air kecil atau kuantitas buang air kecil bertambah semakin sering tetapi urin yang dikeluarkan sedikit, timbulnya rasa terbakar atau perih saat buang air kecil, dan merasakan sakit pada bagian punggung, waspadalah karena ini adalah beberapa gejala kanker kandung kemih
  • Kanker pankreas. Jenis kanker ini menjadi salah satu yang ditakuti karena sifatnya yang sulit untuk dideteksi karena tidak menimbulkan gejala khusus pada fase-fase awal kanker, dan gejala baru terlihat jika kanker sudah masuk ke stadium sedang dan lanjut. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY