Jenis Kanker yang Mengancam di Usia 18-24 Tahun

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selama ini kanker selalu dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang orang-orang yang sudah tua atau lanjut usia. Namun ternyata angka penderita kanker khususnya yang berusia 18-24 tahun semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya gaya hidup anak muda yang kurang sehat, khususnya dari segi makanan dan kebiasaan terpapar oleh antikoksidan tinggi seperti polusi yang bisa memicu munculnya kanker. Berikut ini beberapa jenis kanker yang terjadi pada seseorang yang berumur 18-24 tahun, diantaranya sebagai berikut :

  1. Osteosarkoma

Osteosarkoma meupakan salah satu jenis kanker yang muncul dan berkembang bersama seiring dengan pertumbuhan tulang. Kanker ini salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak dan juga remaja. Biasanya kanker ini terjadi pada anak atau remaja yang memiliki tinggi diatas rata-rata anak seusianya. Kanker osteosarkoma memiliki tanda gejala berupa pembengkakan yang terkadang disertai dengan gumpalan pada satu lengan atau tungkai, rasa nyeri pada tulang dimalam hari saat melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Kanker ini biasanya sering terjadi dan berkembang disekitar lutut. Beberapa kasus menyatakan bahwa kanker ini dapat menyebar ke paru-paru dan tulang lainnya.

  1. Limfoma

Limfoma yaitu suatu jenis kanker yang menyerang pada sistem limfa, timus (kelenjar kecil yang berdekatan dengan jantung). Limpa adenoid, amandel, dan sumsum tulang. Ada dua jenis kanker limfoma yaitu pertama limfoma hodgkin yaitu kanker yang pada umumnya muncul di leher, ketiak, dada atau bagian tubuh lainnya, dan kanker ini biasanya terjadi pada orang di usia 20 tahunan. Sedangkan limfoma non-hodgkin biasanya jarang terjadi pada remaja akan tetapi memiliki resiko besar dengan bertambahnya usia

  1. Kanker otak

Kanker otak yang sering dijumpai pada remaja yaitu astrocitomas dan ependimonas. Kanker astrocitomas adalah kan tumor yang berasal dari sel otak yang disebut dengan astrosit, jenis tumor ini pada umumnya tidak menyebar dan tidak mempengaruhi pada organ tubuhlainnya. Sedangkan ependymona yaitu jenis tumor yang berkembang dalam jaringan yang melapisi ventrikel otak.

  1. Leukimia

Kanker leukimia di kalangan masyarakat dikenal sebagai kanker yang terjadi pada sel darah putih. Jenis kanker ini dapat menyerang anak-anak dan yang lebih sering jenis ini menyerang remaja. leukimia merupakan jenis kanker yang cepat berkembang dan menyebar sehingga jenis kanker ini harus segera diberi penanganan. Kanker ini biasanya disebut dengan LLA (leukimia limfositik Akut) dan LMA (leukimia Mieloblastik Akut. Gejala penyakit ini seseorang akan mengalami kulit pucat, tubuh lelah dan lemah, mudah terluka dan memar, demam, penurunan berat badan yang drastis, nyeri otot dan tulang.

  1. Kanker tiroid

Kanker tiroid kebih banyak ditemukan pada anak muda daripada orangtua, kanker ini akan cenderung meningkat berjalan dengan bertambahnya usia, dan biasanya lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki. orang yang sering terpapar oleh radiasi di daerah kepala dan lehernya saat kecil maka akan memiliki resiko lebih besar mengalami kanker ini. Kanker ini ditandai dengan gejala seperti pembengkakan pada leher dan disertai rasa nyeri, sulit bernafas, sulit menelan dan perubahan suara seperti suara serak.

  1. Melanoma

Melanoma disebut dengan istilah kanker kulit dan terjadi pada seseorang yang berusia dibawah 30 tahun, khususnya apabila orang tersebut memiliki keturunan genetik. Tanda dari kanker ini yaitu munculnya noda coklat tua atau hitam, terkadang tanda tersebut memerah dan terus berubah bentuk dan ukuran. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here