Jenis Makanan Sumber Vitamin D

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin D adalah salah satu vitamin yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan tumbuh kembang tinggi anak. Sumber makanan yang mengandung vitamin D dapat diperoleh dari berbagai bentuk seperti buah, daging dan sayuran. Peran utama vitamin D dalam tubuh adalah untuk melakukan pemeliharaan sel-sel tubuh sehingga bisa bekerja dengan baik dan juga membantu menyuplai kalsium untuk darah, usus dan tulang. Vitamin D akan ditransfer ke hati, ginjal dan berbagai organ penting lainnya.

Vitamin D memiliki karakteristik khusus dibanding dengan jenis vitamin lainnya. Tubuh kita bisa mendapatkan vitamin D secara alami ketika ada bagian kulit yang terkena sinar matahari. Keunikan lain dari vitamin D adalah ketika ada bagian vitamin D dalam tubuh yang berubah fungsi menjadi hormon dan kalsitriol. Beberapa fungsi vitamin D adalah sebagai berikut :

  1. Vitamin D mampu membantu penyerapan magnesium dan kalsium ke semua bagian tubuh yang memerlukan.
  2. Vitamin D mampu menjaga kebutuhan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
  3. Vitamin D memiliki peran yang sangat besar untuk mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi.
  4. Semua vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh bisa mendukung fungsi otot tubuh secara kritis seperti otot pada jantung, paru-paru, dan otak sehingga tubuh bisa melawan infeksi.

Lalu makanan apa saja kah yang menjadi sumber vitamin D?

  1. Jamur

Di Negara Barat, jamur sudah menjadi makanan kalengan dan kandungan vitamin D dalam satu kaleng jamur adalah 168 UI. Pada jamur putih, kandungan vitamin D sampai dengan 164 UI per kaleng. Jamur tumbuh dengan sedikit cahaya matahari. Dengan memaparkannya saat dipanen selama 4-8 hari dapat menghasilkan vitamin D2 pada jamur. Hal ini dilakukan pada jamur putih maupun jamur coklat. Bahkan penelitian telah menemukan bahwa vitamin D yang terkandung pada jamur hasil paparan sinar matahari ini memiliki kadar vitamin D sampai 400 UI. Jenis jamur yang bisa Anda konsumsi adalah jamur shitake, jamur putih, jamur itali, jamur coklat, jamur enoki, jamur morel, jamur oyster, dan jamur portabella.

  1. Minyak Hati Ikan Kod

Sumber makanan yang mengandung vitmain D paling tinggi adalah minyak hati ikan kod yang mengandung 10.000 International uni. Ikan kod merupakan jenis ikan yang memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Daging ikan kod banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti makanan asin, kemasan dan juga ikan segar. Hati ikan kod banyak diolah menjadi minyak yang dikemas dalam kapsul.

  1. Tuna Kaleng

Makanan yang mengandung vitamin D super tinggi selanjutnya adalah tuna kaleng. Tuna adalah jenis ikan yang memiliki rasa lembut dan lezat. Tuna banyak ditemukan di perairan Indonesia dan beberapa perbatasan perairan Indonesia. Olahan tuna yang sangat populer adalah tuna kaleng. Ikan tuna ini telah melewati berbagai macam tahap pengolahan sehingga Anda hanya perlu menghangatkan atau menambahkan bumbu kesukaan. Penambahan beberapa jenis tuna dan bumbu masak dalam kaleng membuat kandungan vitamin dan nutrisi ikan tuna menjadi lebih tinggi. berikut ini adalah beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di Indonesia. Persediaan ikan sarden yang melimpah bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Ikan sarden banyak diolah menjadi makanan kaleng yang sudah diperkaya nutrisi dari bumbu dan minyak zaitun. Selain itu ikan sarden juga banyak mengandung magnesium, fosfor, selenium, protein dan asam lemak omega 3. Mengkonsumsi 100 gram ikan sarden selama dua kali seminggu sudah mencukup kebutuhan dasar vitamin D.

  1. Susu

Susu adalah minuman yang sangat umum. Susu memiliki rasa yang manis, lezat dengan struktur yang kental dan hangat di perut. Susu banyak diminum oleh anak-anak dan orang dewasa selalu takut minum susu karena kandungan lemak dalam susu. Sebenarnya orang dewasa dan orang tua wajib mengkonsumsi susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Susu memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi susu secara rutin. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here