Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Zat Kapur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan yang mengandung zat kapur pada dasarnya mudah didapatkan pada menu makanan yang sering di konsumsi sehari-hari. Zat kapur atau Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang paling banyak  terdapat di dalam tubuh manusia. Zat kapur pada makanan mudah terserap oleh tubuh kemudian menyebar kealiran darah yang berfungsi untuk perlindungan tulang, gigi serta jaringan tubuh lainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang banyak mengandung zat kapur.

  1. Jenis kacang-kacangan

Misalnya kacang almond, Kacang kedelai dan kacang tanah yang dapat diolah dan dimasak menjadi bahan dasar campuran untuk mengolah berbagai menu masakan yang berbeda. Jenis kacang kacangan baik bagi pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi anak selain itu juga baik untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang serta gigi di masa tua.

  1. Jenis sayuran

Jenis sayuran yang banyak mengandung zat kapur misalnya brokoli, bayam, Kol, Lobak, Kubis, Sawi hijau, Kale atau Daun selada mengandung kalsium yang cukup untuk dijadikan menu sehat harian Anda. Sayuran tersebut juga yang bisa diberikan pada anak dan orang dewasa. Kandungan zat kalsium yang ada di dalmnya sangat baik untuk kesehatan jaringan tulang, Gigi serta kepadatan persendian tulang pada usia lanjut.

  1. Jenis buah buahan

Jenis sayuran yang banyak mengandung zat kapur misalnya buah naga, Mangga, Alpukat, Pisang, Jeruk, Jambu biji, Apel atau strawberry yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk pemenuhan kalsium selain dari susu dan keju. Contohnya Makan satu buah mangga atau apel setiap hari secara teratur maka sudah cukup bagi tubuh untuk mendapatkan zat kalsium dalam 24 jam.

  1. Jenis ikan

Jenis sayuran yang banyak mengandung zat kapur misalnya ikan teri, lele, Sarden dan salmon mengandung zat kalsium yang tinggi dan bermanfaat untuk kepadatan tulang selama janin masih dalam kandungan. Ikan sangat baik bagi ibu hamil yang menginginkan janin atau bayinya lahir dengan kondisi tulang yang padat dan sehat.

  1. Jenis Sea food

Makanan laut memang dikenal mengandung tinggi zat kapur atau kalsium dan sangat baik bagi pertumbuhan tulang serta gigi anak anak misalnya udang, tiram atau Kepiting. Makanan laut tersebut dapat ditambahkan dengan sayuran yang juga mengandung zat kapur atau kalsium agar manfaat dari seafood menjadi berlipat ganda untuk kepadatan tulang gigi pada anak.

  1. Tempe dan telur

Tempe dan telur adalah salah satu jenis makanan yang banyak mengandung zat kapur dan kaya akan protein serta Omega 3. Manfaat zat kalsium akan semakin baik karena didukung dengan zat protein dan omega 3 didalamnya. Jika anak-anak atau orang dewasa membiasakan diri untuk menyantap tempe dan telur pada saat makan nasi, maka pemenuhan zat kalsium sudah cukup memadai untuk satu hari..

  1. Jenis susu

Susu adalah salah satu jenis minuman yang diharuskan dikonsumsi oleh anak usia balita hingga dewasa, Karena di dalam susu terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan dandaya tahan tubuh. Susu yang dimaksud adalah jenis susu kambing dan susu sapi yang juga mengandung vitamin D serta protein yang tinggi. Kepadatan dan pertumbuhan tulang serta gigi balita biasanya didapatkan dari minuman susu tersebut.

  1. Keju

Keju paling banyak digunakan sebagai bahan untuk campuran pembuatan roti, dimana manfaat keju menjadi berlipat ganda jika digabungkan dengan roti yang terbuat dari gandum utuh atau campuran kacang merah di dalamnya. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here