Jenis Makanan yang Mengandung Asam Amino

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asam amino merupakan suatu unit molekiler dasar yang terbentuk menjadi polimer protein panjang. Dalam protein terdapat 20 jenis asam amino yang menjadi dasar struktur dan fungsi tubuh manusia. Setiap asam amino setidaknya mengandung satu gugus amino (-NH3) dan setidaknya mengandung satu gugus asam karboksil (-COOH), dimana kedua gugus tersebut terikat pada atom karbon yang sama.

Setiap asam amino memiliki anak rantai yang disebut dengan satu gugu R. Setiap gugus R dalam asam amino mempunyai perbedaan yang memberik ciri khas dan pengaruh terhadap sifat protein tempat asam amino tersebut bergabung. Asam amino yang tidak larut dalam air memiliki gugus R non polar, sedangkan asam amino yang larut dalam air memiliki gugus R polar.

Fungsi dan perannya yang sangat dibutuhkan dalam tubuh, maka anda harus memenuhi asupan nutrisi yang mengandung asam amino. Berikut ini beberapa daftar makanan sumber asam amino, diantaranya sebagai berikut:

  1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak  merupakan jenis makanan yang mengandung sumber protein tiggi. Contohnya daging merah dan daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan sekitar 31 gram protein setiap 3 ons penyajian. Daging ham memiliki kandungan protein sekitar 28 gram per 3 ons penyajian. Sedangkan apabila daging yang lebih berlemak memiliki kandungan protein yang rendah.

  1. Seafood dan unggas

Jika harga daging sapi atau daging merah memiliki harga yang mahal, anda tetap dapat memperoleh sumber asam amino yang memadai dengan mengkonsumsi makanan jenis unggas dan seafood. Contohnya setiap 3 ons dada ayam atau kalkun memiliki kandungan asam amino sekitar 28 gram.

  1. Bawang merah

Bawang merah mempunyai kandungan asam amino yang sangat tinggi. Asam amino yang terdapat di dalam bawang merang berperan untuk mengikat gula darah. Sehingga jenis bumbu masakan tersebut dapat dijadikan sebagai metode tradisional untuk mencegah atau mengobati penyakit diabetes dan mengunci lemak jahat yang menempel di jantung.

  1. Gandum

Selain digunakan sebagai salah satu menu makanan untuk diet, gandum juga merupakan jenis makanan yang mengandung asam amino.

  1. Telur

Apabila anda mengkonsumsi 1 telur berukuran besar kandungan asam amino yang terdapat di dalamnya sekitar 6 gram.

  1. Produk susu

Setiap produk susu memiliki kandungan asam amino. Contohnya keju mozzarella tanpa lemak seberat 1 ons mengandung 9 gram asam amino dan setiap 1 ons keju parmesen mengandung 10 gram asam amino.

  1. Sumber nabati

Sumber nabati memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi. Misalnya 3 ons tahu memiliki 6 gram kandungan asam amino dan 1 mangkuk kacang kedelai memiliki kandungan asam amino sekitar 29 gram.

  1. Ikan

Jenis ikan memiliki kandungan asam amino sekitar 15% – 25% per 100 gram. Contohnya ikan habilut, tuna atau salmon memiliki kandungan asam amino sekitar 22 gram. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here