Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat yang tinggal di benua ASIA, khususnya negara Indonesia. Di Indonesia ada sebuah istilah yang menyatakan bahwa jika seseorang belum mengkonsumsi nasi, maka orang tersebut belum dikatakan sudah makan meskipun orang tesebut telah mengkonsumsi jenis makanan berupa buah, roti, biskuit, dll.

Nasi merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang secara alami akan dicerna dan diurai menjadi glukosa yang berfungsi sebagai bahan stamina tubuh. Nasi memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, terlebih bilamana dikonsumsi menggunakan berbagai jenis lauk pauk berupa gorengan, sayur, lauk, krupuk dan lain-lain tentunya dapat meningkatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lebih menyehatkan dibandingkan dengan nasi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Nasi merah

Beras merah yang di olah menjadi nasi memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Serat merupakan suatu zat yang cukup sulit untuk di cerna oleh tubuh, sehingga seseorang akan merasa kenyang lebih lama dengan memperoleh asupan tenaga yang cukup. Selain itu nasi merah memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

  1. Roti

Roti dapat dijadikan salah satu makanan pengganti nasi yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk menambah stamina agar anda dapat melakukan aktivitas anda dengan normal. Sebaiknya anda memiliki jenis roti yang terbuat dari gandum, hal ini dikarenakan roti gandum memiliki kandungan glikemik lebih rendah dibandingkan dengan roti putih.

  1. Oat

Oat merupakan jenis makanan yang terbuat dari gandum utuh yang mengandung kalori dan karbohidrat lebih rendah dibandingkan dengan nasi. Akan tetapi oat memiliki kandungan protein dan serat lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu oat mengandung vitamin B6, asam folat, B1,  seng, robiflavin, fosfor, zat besi dan niasin.

  1. Jagung

Jagung dapat dijadikan makanan pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat. Selain itu jagung mengandung antioksidan, vit C, luetin dan zaexanthin.

  1. Ubi

Kandungan karbohidrat di dalam ubi sekitar 18 – 21% yang terdiri dari tepung, serat, dan gula. Selain itu ubi mengandung vit C, vit A, antioksidan dan kalium

  1. Kentang

Seseorang yang sedang malakukan program diet sering kali mengkonsumsi kentang rebus sebagai makanan pengganti nasi. Kentang memiliki kandungan berbagai jenis vitamin seperti viit C, B6, B1, folat, riboflavin dan fosfor.

  1. Singkong

Singkong seberat 100 gram memiliki kandungan kalori sekitar 150 – 170 kkal. Selain itu singkong memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Bit

Bit memiliki 2 jenis yaitu bit merah dan bit hijau. Bit merupakan jenis sayuran yang menyerupai cabai dan rasa seperti terong. Bit memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu bit memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here