Jenis Olahraga yang Efektif Meningkatkan Kualitas Sperma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebuah sperma untuk dapat berhasil membuahi ovum harus memenuhi kriteria sebagai sperma yang berkualitas. Sperma dikatakan berkualitas atau sehat jika memiliki bentuk, jumlah dan daya gerak yang normal. Jika sperma tidak memenuhi kriteria tersebut maka bisa dikatakan sperma tersebut rendah kualitasnya dan berisiko sulit untuk membuahi ovum dan istri anda mungkin akan sulit hamil.

Jika istri sulit hamil, maka kurang lengkap kebahagiaan keluarga anda tanpa kehadiran si kecil. Tentunya keadaan tersebut sangat tidak anda inginkan. Oleh karena itu menjaga kualitas sperma anda itu penting.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, ada usaha yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan olahraga. Khususnya olahraga kardio. Olahraga kardio berefek terhadap kualitas sperma karena ada keterkaitan antara kesehatan jantung dengan baiknya kualitas sperma anda.

Jantung yang sehat karena rutin berolahraga akan semakin baik dalam mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh termasuk testis. Testis adalah tempat produksi sperma dan air mani yang juga memerlukan pasokan darah dari jantung untuk menghasilkan sperma. Oleh karena itu olahraga kardio efektif untuk meningkatkan kualitas sperma.

Ada beberapa jenis olahraga kardio yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma antara lain:

  1. Lari

Olahraga kardio dengan lari cukup efektif untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pria. Menurut Journal of the Society for Reproduction and Surgery untuk mendapatkan manfaat lari terhadap kualitas sperma anda cukup berlari selama 30 sampai 45 menit setiap minggu.

  1. Jogging ringan

Jika berlari melelahkan bagi anda, jogging ringan bisa menjadi penggantinya. Selain meningkatkan kualitas sperma, jogging ringan juga dapat menurunkan berat badan anda. Jogging ringan ini juga boleh dilakukan dalam waktu singkat yang penting rutin setiap minggunya.

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang cukup menyenangkan. Dengan bermain air anda juga mendapatkan manfaat yang baik untuk kualitas sperma. Berenang dapat menghasilkan hormon endorfin yang membuat anda senang. Jika hati anda senang pasti kesehatan juga anda dapatkan.

  1. Yoga

Yoga mungkin lebih identik dengan olahraga wanita. Namun, jangan salah bahwa yoga juga dapat meningkatkan kualitas sperma anda. Yoga dapat mengurangi stress dan racun pada tubuh, membakar kalori serta menguatkan otot.

Olahraga kardio efektif meningkatkan kualitas sperma. Namun anda perlu memperhatikan pelaksanaannya. Disarankan untuk melakukan olahraga kardio yang ringan saja, jangan terlalu berat. Sebab olahraga kardio yang berlebihan justru sebaliknya akan merusak kualitas sperma anda. Agar aman sebaiknya anda melakukan olahraga ini minimal 3 kali dalam satu minggu dan dalam waktu yang singkat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here