Jenis, Struktur, dan Fungsi Gigi

SehatFresh.com – Gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan agar bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Menurut usianya, gigi bisa dibagi menjadi dua, yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu ialah gigi yang tumbuh pertama kali pada manusia. Bertambahnya waktu dan usia manusia, gigi susu ini akan di gantikan oleh gigi permanen. Biasanya gigi susu mulai tumbuh enam sampai delapan bulan dan akan tumbuh lengkap ketika berusia dua sampai tiga tahun. Jumlah total gigi susu ada 20. Masing-masing rahang atas dan rahang bawah terdapat 10 gigi.

Jenis usia gigi yang satu lagi ialah gigi permanen yang menggantikan gigi susu. Gigi inilah yang akan menjadi gigi permanen manusia. Gigi dengan jenis usia ini tidak akan tanggal dengan sendirinya selama manusia hidup. Dengan syarat manusia menjaga kebersihan gigi mereka agar tidak mengalami keropos atau bolong. Jumlah gigi permanen seluruhnya ialah 32 buah. Delapan buah gigi seri, empat gigi taring, delapan gigi premolar, dan 12 gigi molar.

Anatomi Gigi

Gigi manusia memiliki tiga bagian, yaitu bagian puncak atau mahkota gigi, bagian ini dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut email gigi. Leher gigi merupakan bagian gigi yang sudah tertanam oleh gusi, berada di bawah mahkota gigi, dan di atas akar gigi. Terakhir ialah bagian akar gigi merupakan bagian gigi yang tertanam di bawah rahang dan tidak tampak dari luar, masing-masing jenis gigi pada manusia memiliki jumlah akar gigi yang berbeda.

Terdapat empat lapisan pada gigi manusia yaitu sebagai berikut:

  • Email gigi

Email gigi merupakan bagian yang sangat keras karena tersusun oleh kasium dengan konsentrasi sangat tinggi dan melapisi bagian mahkota gigi. Semakin ke bawah, maka email gigi semakin tipis hingga akhirnya hilang ketika memasuki akar gigi.

  • Sementum gigi

Sementum gigi merupakan bagian gigi yang melapisi akar gigi dan berfungsi untuk menghubungkan gigi dengan rahang tempatnya tumbuh. Struktur Sementum tidaklah sekeras email pada mahkota gigi. Semen akan semakin tebal seiring bertambahnya usia.

  • Tulang gigi (Dentin)

Tulang gigi (dentin) merupakan lapisan gigi yang terdapat setelah lapisan email gigi pada mahkota dan lapisan sementum pada akar gigi. Dentin memiliki struktur seperti tulang namun lebih keras, karena memiliki konsentrasi kalsium yan lebih tinggi, oleh karena itu ia sering disebut tulang gigi. Dentin merupakan struktur terluas pada gigi karena melapisi seluruh tubuh gigi, dari mahkota sampai akar.

  • Rongga gigi (Pulpa)

Rongga gigi (pulpa) merupakan jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga, terisi oleh pembuluh darah dan pembuluh saraf.  Pulpa berfungsi memberikan nutrisi pada gigi karena memiliki pembuluh darah, mengidentifikasi zat asing dalam gigi karena memiliki pembuluh saraf, dan membentuk lapisan dentin.

Jenis Dan Fungsi Gigi

  1. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal, berfungsi untuk memotong atau mengerat makanan. Manusia dewasa memiliki empat gigi seri, dua di rahang bawah dan dua di rahang atas.
  2. Gigi taring merupakan gigi yang memiliki satu akar, berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring berbentuk tegak dan agak runcing. Manusia dewasa memiliki empat gigi taring, dua di rahang bawah dan dua di rahang atas.
  3. Gigi geraham depan (premolar) merupakan jenis gigi yang mempunyai dua akar, berfungsi untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi Premolar berbentuk rendah dan terdapat beberapa tonjolan pada bagian mahkotanya. Manusia dewasa memiliki delapan gigi premolar, yaitu empat di rahang bawah dan empat di rahang atas.
  4. Gigi geraham belakang (gigi molar) merupakan jenis gigi yang mempunyai dua atau tiga akar, berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan. Gigi molar memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi Premolar. Manusia dewasa memiliki 12 gigi molar permanen. Masing-masing enam di rahang atas dan bawah.

Sumber gambar : rickyalfiandy.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY