Jenis Terapi Seksual

SehatFresh.com – Seksualitas memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Ketika Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan seks, jangan dibiarkan hingga berlarut-larut. Seringkali, penyebab masalah seks ialah masalah psikologis. Sebelum lari ke obat-obatan, ada baiknya mencari bantuan ahli atau terapis seks untuk mengetahui akar permasalah seks Anda.

Terapi seks adalah suatu jenis psikoterapi (pengobatan masalah mental dengan konsultasi ke penyedia layanan kesehatan mental). Melalui terapi seks, Anda dapat mengatasi kekhawatiran yang disebabkan gangguan fungsi seksual. Ini bisa dilakukan secara individual atau berpasangan. Ada berbagai jenis metode terapi seks yang berdasarkan pada metode psikoterapi, yang disesuaikan dengan kondisi kehidupan seksual Anda.

  • Terapi humanistik

Disebut juga terapi personal terpusat (client-centred), terapi humanistik berfokus pada pemikiran dan emosi Anda sebagai klien. Dalam terapi ini, klien memandang diri mereka secara sadar. Ahli terapi tidak menafsirkan pikiran bawah sadar klien. Ini memungkinkan klien mengeksplorasi dan memanfaatkan kekuatan dirinya sendiri, sehingga membantunya untuk sampai pada pemecahannya sendiri.

  • Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif adalah terapi yang ditujukan untuk membantu Anda mengatasi masalah dengan cara mengubah pemikiran dan perilaku. Perubahan cara berpikir akan membawa Anda ke perubahan perilaku sehingga menghasilkan sikap yang lebih positif dalam memandang kehidupan. Terapi ini seringkali melibatkan teknik atau latihan. Teknik self-help (menolong diri sendiri) seperti teknik relaksasi, dapat sangat bermanfaat jika Anda mengalami kesulitan seksual yang berkaitan dengan stres, kecemasan, dan depresi.

  • Terapi eksistensial

Dalam prinsip terapi eksistensial, kesulitan emosional dan psikologis dipandang sebagai konflik batin yang disebabkan oleh konfrontasi individu dengan keberadaannya. Ahli terapi akan mengevaluasi pengalaman individu dalam empat dimensi eksistensi, yaitu fisik, sosial, psikologis dan spiritual. Terapi eksistensial dapat sangat efektif untuk remaja dan dewasa yang berjuang untuk membuat pilihan hidup yang sehat dan menerima konsekuensi dari pilihan tersebut.

  • Terapi sistemik

Dalam terapi sistemik, klien tidak dilihat secara individual, melainkan sebagai tim. Di kehidupan sehari-hari, wajar bila Anda dan pasangan menjadi kesulitan karena perbedaan atau merasa ikut frustasi ketika orang yang dicintai sedang dalam masalah. Tujuan terapi ini yaitu untuk mengatasi masalah semacam itu dengan mendorong anggota keluarga dan orang terdekat lainnya untuk membantu memecahkan masalah serta berempati satu sama lain.

  • Terapi psikodinamika

Tujuan dari terapi psikodinamika yaitu untuk membantu klien menjadi lebih terbuka dengan diri mereka sendiri tentang semua hal sehingga klien bisa menyadari apa yang sebelumnya tidak disadari olehnya. Terapi psikodinamik melibatkan penggunaan refleksi diri dan pemeriksaan diri sebagai cara untuk menggali kebenaran alam bawah sadar untuk masalah yang belum terselesaikan. Klien akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

  • Terapi integratif

Terapi integratif merupakan suatu psikoterapi gabungan yang bertujuan untuk menyembuhkan mental seseorang secara keseluruhan. Terapi integratif mempertahankan pemikiran bahwa ada banyak cara di mana psikologi manusia dapat dieksplorasi dan dipahami. Pendekatan integratif ini berkaitan dengan kepribadian dan kebutuhan seseorang, dengan mengintegrasikan afektif, perilaku, kognitif, dan sistem fisiologis, serta melibatkan aspek-aspek sosial dan spiritual.

Umumnya, terapi seks merupakan terapi bicara. Ketika berkonsultasi dengan ahli terapi seks, tidak perlu malu untuk mengungkapkan masalah Anda secara jujur. Ahli terapi seks akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah seksual yang sedang Anda hadapi.

Sumber gambar : www.rs-sejahterabhakti.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY