Jenis Vitamin yang Dikonsumsi untuk Program Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Program hamil merupakan salah satu langkah awal yang dapat dilakukan oleh pasangan yang berencana untuk menjalani proses kehamilan. Tahap konsultasi program hamil umumnya meliputi diskusi dan pemeriksaan kesehatan, yang bertujuan untuk mendeteksi berbagai faktor risiko yang dapat membahayakan kondisi ibu dan janin.

Ketika menjalani masa kehamilan nantinya. Program hamil sangat membutuhkan vitamin yang baik, beberapa vitamin yang harus dikonsumsi oleh seseorang yang akan menjalankan program hamil, berikut beberapa vitamin yang harus di minum yaitu :

  1. Zinc

Seorang wanita  yang sedang merencanakan kehamilan, konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan zinc. Salah satu nutrisi dan vitamin agar cepat hamil ini terbilang berperan dalam siklus ovulasi termasuk kesuburan. Manfaat zinc tak hanya untuk seorang wanita saja, melainkan juga untuk suami.

Zinc berfungsi untuk melindungi sperma dari radikal bebas yang dapat memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Para peneliti bahkan mengungkap bahwa pria yang kadar zincnya tercukupi dengan baik memiliki kualitas sperma yang lebih sehat jika dibandingkan dengan pria yang kebutuhan zincnya tak tercukupi.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc ini disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti aneka jenis kerang, kepiting, lobster, daging sapi, produk olahan susu,  hingga gandum utuh untuk memenuhi kebutuhan zinc dengan baik.

  1. Asam folat

Tak hanya saat hamil, asam folat juga disarankan untuk dikonsumsi oleh seorang wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat dengan baik, selain mengonsumsi suplemen asam folat, seseorang  juga bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan yang mudah di dapat.

Sayuran hijau seperti bayam, salada, brokoli, hati sapi, kacang merah, alpukat, tomat, susu, papaya, pisang dan jeruk merupakan makanan yang kaya akan kandungan asam folat.

  1. Kalsium

Perempuan yang ingin hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan baik, yaitu sekitar 1.000 mg sehari atau bisa lebih. Kalsium dipercaya mampu membantu memastikan sistem reproduksi bekerja dengan baik.

Selain itu konsumsi kalsium pada saat sedang hamil terbilang membawa manfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang gigi, hati, saraf dan otot janin dalam kandungan. Kalsium bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti susu dan produk olahan susu lainnya, sayuran berdaun hijau, tahu, olahan kedelai, kacang almond dan beberapa makanan lainnya.

  1. Vitamin E

Konsumsi vitamin agar cepat hamil berikutnya adalah vitamin E. Vitamin E bermanfaat dalam membantu dalam melindungi sperma dan DNA dari kerusakan dan membantu meningkatkan kulaitas sperma sehingga sperma memiliki kemampuan yang baik dalam membuahi sel telur.

Untuk wanita vitamin E dapat membantu mengatur siklus ovulasi dengan baik. jika siklus teratur, maka bisa merencanakan waktu terbaik untuk berhubungan intim agar dapat segera hamil. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dengan baik, konsumsilah telur, daging ayam, kacang tanah, alpukat, biji bunga matahari, bayam, asparagus, tomat, kedelai, brokoli, lobster, ikan kod, pepaya hingga kacang almond.

  1. Zat besi

Zat besi sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari, jika seseorang menginginkan kehamilan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran hijau, kacang polong, daging sapi tanpa lemak, oatmeal, kacang merah dan biji labu.

Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan zat besinya terbilang penting karena kekurangan zat besi dapat membuat seseorang mengalami anemia dan ini dapat berpengaruh terhadap siklus mestruasi. Jika siklus menstruasi tidak teratur kesehatan sel telur bisa saja tganggu sehingga peluang untuk hamil bisa saja turun.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here