Jenis Zat Aditif dan Efeknya Bagi Tubuh pada Makanan

0
12
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Zat aditif adalah bahan yang ditambahkan secara sengaja ke dalam makanan dengan tujuan meningkatkan cita rasa. Secara umum terdapat 2 jenis zat aditif, yakni alami dan buatan. Lantas apa saja jenis-jenis dari zat adiktif tersebut dan bagaimana efeknya bagi tubuh?

Zat adiktif alami memiliki efek samping lebih ringan

Zat adiktif yang terbuat dari bahan-bahan alami memiliki efek samping lebih ringan ketimbang zat adiktif buatan. Hal tersebut karena zat adiktif alami tidak mengandung bahan kimia, sehingga cukup aman bagi tubuh. Oleh karena itu manfaatkan zat adiktif alami dalam pengolahan makanan, agar terhindar dari berbagai penyakit

Lain halnya dengan zat adiktif buatan yang bisa menimbulkan resiko jangka panjang bagi tubuh. Berbagai penyakit yang bisa hadir dari penggunaan tersebut seperti sakit lambung, ginjal, jantung, hingga stroke. Alhasil seseorang perlu selektif dalam penggunaan zat adiktif buatan pada makanan atau minuman.

Jenis-jenis zat aditif alami

Zat adiktif alami umumnya diambil dari tumbuh-tumbuhan yang sudah turun-temurun diperkenalkan nenek moyang. Pemanfaatannya bisa sebagai pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap pada makanan. Berbagai jenis zat adiktif alami antara lain:

  1. Zat adiktif sebagai pewarna berasal dari bahan-bahan alami yang aman digunakan pada makanan. Misalnya seperti saja kunyit, wortel, dan daun suji.
  2. Zat adiktif sebagai pemanis berasal dari bahan-bahan alami yang aman digunakan pada makanan. Misalnya seperti tebu, gula aren, dan madu.
  3. Zat aditif sebagai pengawet berasal dari bahan-bahan alami yang aman digunakan pada makanan. Misalnya seperti garam, bawang putih, dan asam cuka.
  4. Zat aditif sebagai penyedap berasal dari bahan-bahan alami yang aman digunakan pada makanan. Misalnya seperti garam, bawang putih, dan cabai merah.

Jenis-jenis zat aditif buatan

Berbeda dengan yang alami, zat adiktif buatan ini memperoleh campuran bahan kimia. Zat adiktif jenis ini umumnya digunakan oleh pihak-pihak yang memiliki usaha dagang dengan tujuan menarik perhatian konsumen dan menghemat pengeluaran. Berikut ini beberapa zat adiktif buatan yang biasa beredar dipasaran.

  1. Zat aditif buatan sebagai pewarna ditujukan untuk membuat produk makanan atau minuman agar tampil lebih menarik. Jenisnya seperti brilliant blue FCF, fast breen FCF, sunset yellow FCF, coklat HT, eritrosin, dan ponceau 4R. Sementara itu zat pewarna yang telah dilarang penggunaannya adalah amaranth, rhodamin B, dan methanil.
  2. Zat adiktif buatan sebagai pemanis ditujukan untuk membuat produk makanan atau minuman agar memiliki rasa yang manis. Jenisnya seperti sakarin, aspartam, asesulfat, dan siklamat.
  3. Zat adiktif buatan sebagai pengawet ditujukan untuk membuat makanan atau minuman agar tahan lama dalam beberapa waktu. Jenisnya seperti asam propionat, asam sorbat, natrium benzoat, dan natrium nitrit.
  4. Zat adiktif buatan sebagai penyedap ditujukan untuk membuat produk makanan dan minuman agar memiliki rasa lebih nikmat. Jenisnya seperti vetsin (MSG), guanosin monofosfat (GMP), dan ionosin monofosfat (IMP). (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY