Jerawat Batu? Lawan Pakai Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jerawat merupakan salah satu ciri pubertas. Tapi, kalau jerawat yang muncul banyak dan seperti batu mengesalkan juga ya? Selain mengurangi rasa percaya diri, jerawat yang sering disebut sebagai jerawat batu ini juga bisa menyakitkan. Nah, untuk mengatasinya, ada beragam cara yang bisa Anda coba.

Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara itu, penyebab jerawat batu adalah minyak dan sel kulit mata pecah dan terjadilah infeksi. Tidak hanya wajah, jerawat batu juga bisa muncul di dada, pundak, punggung, atau lengan atas.

Cara menghilangkan jerawat batu tidak semudah mengobati jerawat biasa. Namun, ada beragam bahan alami yang bisa Anda coba untuk menanganinya seperti berikut ini:

  • Tomat. Buah yang mengandung kalsium, zat besi, belerang, vitamin A, C, dan B1 ini ampuh mengobati jerawat batu. Potonglah tomat ke dalam beberapa bagian. Lalu, gosokkan ke area yang berjerawat.
  • Bawang putih. Bawang putih mampu mengeringkan jerawat batu dan melawan bakteri penyebab jerawat batu hingga ke lapisan kulit paling dalam. Caranya ialah menghaluskan bawang putih seperlunya. Lalu, oleskan ke area yang terdapat jerawat batu.
  • Putih telur dan madu. Telur diperkaya dengan kandungan protein yang dapat mengatasi penyumbatan pori wajah. Kombinasikan putih telur dengan madu untuk mendapatkan hasil optimal.
  • Jeruk nipis dan kunyit. Jeruk nipis dan kunyit terkenal dengan sifat antiradang. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri akibat jerawat batu. Caranya diawali dengan menghaluskan kunyit yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, campurlah dengan madu sampai membentuk adonan mirip krim. Kemudian, oleskan ke area yang bisa ditemui jerawat batu.
  • Sindaguri dan mahkota dewa. Uap tanaman sindaguri dapat mengempiskan jerawat batu tanpa meninggalkan bekas luka. Rebuslah daun sindaguri dan mahkota dewa bersama dua gelas air. Tunggu sampai mendidih. Lalu, tuanglah ke dalam ember atau baskom. Letakkan wajah Anda di atas uap rebusan tadi.
  • Kentang. Kentang yang kaya karbohidrat dan alkali dapat menghilangkan jerawat batu serta mengangkat minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Anda bisa menggunakan kentang untuk dijadikan masker wajah dengan cara ditumbuk atau dihaluskannya terlebih dahulu.
  • Lidah buaya. Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit yang berjerawat. Anda cukup mengupas kulitnya dan oleskan bagian buah lidah buaya pada bagian yang berjerawat.
  • Mengkudu. Mengkudu berkhasiat untuk membersihkan darah kotor penyebab munculnya jerawat dari dalam. Caranya dengan membuat jus mengkudu yang telah dicampur dengan gula batu.
  • Baking soda. Selain untuk membuat kue, manfaat lain baking soda ialah menyembuhkan jerawat batu. Caranya pun sederhana. Ambil setengah sendok teh baking soda. Lalu, campurkan dengan sedikit air hingga wujudnya berubah seperti pasta. Oleskan baking soda tersebut ke area yang berjerawat. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY