Jerawat di Punggung pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masalah jerawat pada remaja memang sulit dihindari. Ini karena kemunculan jerawat dipengaruhi perubahan hormonal dalam tubuh. Ketika pubertas, hormon androgenik yang meliputi estrogen dan testosteron berfluktuasi secara signifikan dan merangsang kelenjar sebaceous menjadi lebih aktif sehingga memproduksi sebum berlebih. Folikel tidak bisa menangani kelebihan produksi sebum tersebut sehingga pori-pori pun tersumbat. Maka dari itu, jerawat tak hanya bisa muncul di wajah, tapi juga pada area tubuh lainnya, seperti di area punggung.

Sama halnya dengan wajah, area punggung memiliki banyak kelenjar sebaceous sehingga folikel menjadi lebih rentan tersumbat sel kulit mati dan sebum. Di sisi lain, kemunculan jerawat punggung pada remaja juga dipengaruhi faktor lain. Para ahli meyakini bahwa beberapa orang memang memiliki kulit yang rentan berjerawat. Hal ini dipengaruhi faktor keturunan. Dan jika jerawat disertai kulit bersisik dan terkelupas, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut dermatitis seboroik. Penyebab utamanya adalah kulit yang terlalu berminyak dan iritasi jamur. Sama halnya jerawat, kondisi ini mungkin bersifat genetik, tetapi dapat juga disebabkan stres dan kebersihan yang buruk. Kulit yang mudah berjerawat menjadi lebih rentan terkena dermatitis seboroik.

Selain itu, faktor lingkungan juga dapat memicu munculnya jerawat mechanica, yakni jerawat pada area tubuh yang rentan terkena panas, tekanan, dan gesekan. Apa pun yang menciptakan gesekan pada kulit dapat menyebabkan iritasi. Pada remaja, sumber gesekan tersebut dapat berasal dari baju yang terlalu ketat atau tas ransel yang terlalu berat. Akibatnya, muncul jerawat pada punggung dan kemunculan jerawat semakin diperparah keringat.

Jerawat pada punggung umumnya lebih “tebal” karena ukuran pori-pori pada area punggung memang lebih besar sehingga terkadang jerawat yang muncul terasa sakit. Tapi, umumnya jerawat punggung ringan dapat diatasi dengan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Lotion yang mengandung alphahydroxy acids juga dapat membantu mempercepat pengelupasan dan pergantian sel kulit sehingga mengurangi penyumbatan pada pori-pori.

Terkadang, perawatan rumahan di atas tidak cukup untuk menyembuhkan jerawat membandel. Jika perawatan rumahan tidak menunjukkan hasil berarti setelah empat sampai 12 minggu, jika kulit mengalami iritasi berlebih, atau jika jerawat membuat tidak nyaman, jangan tunda waktu untuk memeriksakannya ke dokter kulit. Jerawat parah memerlukan obat resep dari dokter, baik itu berupa obat oral maupun topikal. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here