Jeruk Nipis Mampu Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jeruk nipis atau dalam istilah ilmiahnya disebut dengan citrus aurantifolia adalah salah satu jenis atau varian jeruk yang notabenya adalah anggota marga Rutaceae. Jeruk nipis biasanya berbentuk bulat, dengan warna hijau atau kekuningan dan memiliki sari buah yang kadar keasamannya lebih kuat dibandingkan varian jeruk lainnya.

Selain jahe dan kunyit, jeruk nipis juga dikenal sebagai salah satu obat herbal yang paling sering dijadikan sebagai bahan obat-obatan herbal atau tradisional. Hal itu adalah bukti bahwa manfaat jeruk nipis untuk pengobatan tradisional sudah ada sejak dahulu kala. Jeruk nipis merupakan varian jeruk dengan ukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Biasanya  jeruk nipis menjadi salah satu bumbu masak penambah rasa asam dalam masakan. Air perasan buah jeruk nipis sering digunakan untuk menetralisir atau menghilangkan bau amis pada beberapa bahan makanan. Tapi siapa sangka, ternyata banyak khasiat di dalam sebuah jeruk nipis. Mulai dari kesehatan, daya tahan tubuh, kecantikan hingga untuk program diet.Kandungan dan Manfaat jeruk nipis

Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

Seperti varian buah jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi serta kandungan biokimia lain yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Sari jeruk nipis mengandung air dan minyak volatil yang di dalamnya terkandung nutrien, mineral, dan vitamin.

Selain itu Jeruk nipis bermanfaat kesehatan dan kecantikan tubuh ternyata jeruk nipis juga berkhasiat sebagai bahan pengobatan suatu penyakit. Salah satunya adalah mengobati batuk berdahak atau menghilangkan lendir yang ada di tenggorokan ketika sedang batuk berdahak.

Anda tentu pernah mengalami kondisi tenggorokan berlendir atau terdapatnya dahak di tenggorokan. Pada saat mengalaminya, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan dan aktifitas anda. Orang yang mengalami tenggorokan berlendir biasanya akan merasakan tenggorokannya gatal, batuk, dan pernafasan menjadi terganggu. Selain itu, adanya lendir di tenggorokan seringkali disertai gejala lainnya seperti demam, nyeri otot sakit kepala, dan menurunnya nafsu makan. Nah, untuk menghilangkan lendir di tenggorokan tersebut dapat dengan memanfaatkan khasiat yang terdapat pada jeruk nipis. Berikut ini penejelasannya.

Jeruk Nipis Sebagai Penghilang Lendir di Tenggorokan

Mengkonsumsi minum minuman jeruk nipis merupakan salah satu cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang cukup efektif. karena selain rasanya yang menyegarkan dan mampu melegakan tenggorokan, kandungan vitamin C di dalam buah jeruk nipis mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengusir bakteri yang menyebabkan lendir/dahak di tenggorokan.

Cara membuatnya juga sangat mudah, siapkan satu buah jeruk nipis kemudian peras airnya lalu campurkan pada satu gelas air panas. Tambahkan gula atau madu secukupnya, dan minum selagi hangat. Aplikasikan ramuan. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari selama minimal 3 hari. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here