Kacang Mete, Cemilan Sehat Kaya Manfaat

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kacang mete merupakan cemilan nikmat dan gurih sehingga banyak orang menyukainya. Selain untuk cemilan, kacang mete bisa juga digunakan sebagai campuran kue maupun coklat agar mendapatkan rasa yang lebih lezat. Kacang mete juga sangat cocok untuk dijadikan bumbu salad karena kombinasi rasa yang pas manis dan gurihnya.

Kacang mete dihasilkan dari pohon jambu mete yang merupakan tanaman asli Brazil. Saat ini, budidaya kacang mete sudah tersebar di beberapa negara seperti Vietnam, India, negara-negara di Afrika, dan tentu saja di negara asalnya, Brazil. Di Indonesia sendiri, kacang mete cukup mudah untuk ditemukan.

Bagi beberapa orang yang suka mengemil namun takut dengan risiko obesitas, nampaknya tidak berlaku untuk kacang mete. Karena uji klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang mete tidak menyebabkan obesitas. Bahkan kacang mete memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Lantas apa sajakah manfaat kacang mete lainnya yang bisa Anda dapatkan? Simak daftar berikut ini.

  1. Baik untuk jantung

Seperti kacang- kacangan lainnya, mengonsumsi kacang mete dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Jika dikonsumsi secara rutin dapat mengontrol tekanan darah, fungsi pembuluh darah dan lain sebagainya. Apalagi, lemak yang dikandung kacang mete lebih rendah dari jenis kacang lain yaitu sekitar 46 persen.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kacang mete banyak mengandung tembaga zinc, magnesium dan mineral lain oleh karena itu kacang mete sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Dengan mengonsumsi kacang mete secara rutin maka akan menurunkan risiko osteoporosis.

  1. Menyehatkan kulit

Manfaat yang satu ini tentu saja sangat menggembirakan bagi Anda yang memperhatikan perawatan kulit dan tubuh. Kacang mete mengandung tembaga yang berperan dalam meningkatkan produksi melanin. Dengan meningkatknya melanin maka kulit Anda akan terlihat lebih sehat dan juga kencang.

  1. Mencegah kanker

Mengonsumsi kacang mete dapat menurunkan risiko penyakit kanker karena kacang mete mengandung proanthocyanidins yang salah satunya adalah zat flavanol. Kandungan tersebut dapat mengentikan pertumbuhan tumor dan juga perkembangbiakan sel kanker.

  1. Mengontrol berat badan

Jika selama ini ngemil sangat identik dengan kegemukan, lain halnya dengan mengonsumsi kacang mete sebagai cemilan. Sebagian besar lemak dalam kacang mete merupakan lemak tak jenuh. Selain itu, tingginya kandungan serat dalam kacang mete sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Bukan hanya itu, lemak baik yang terkandung dalam kacang mete berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh.

  1. Menurunkan depresi

Rutinitas yang dilakukan setiap hari terkadang membuat jenuh, apalagi jika banyak tekanan dari sekitar. Hal itu bisa saja membuat seseorang menjadi depresi. Berkaitan dengan kondisi tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi kacang mete yang mengandung asam amino L-triptofan. Kandungan ini akan merangsang serotonin dalam otak sehingga mampu mengurangi rasa sedih. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY