Kafein Berlebih Ganggu Penyerapan Kalsium

SehatFresh.com – Kopi, the dan minuman ringan adalah minuman yang mengandung kafein. Minuman berkafein terutama kopi menjadi digemari karena membantu banyak orang dalam memulai hari, mencegah kantuk ketika bekerja atau tetap terjaga di malam hari. Namun, menurut National Institute of Health, kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Office of Dietary Supplements, jumlah kafein dalam satu cangkir kopi menyebabkan hilangnya kalsium dalam urin setara dengan sekitar satu sendok makan susu.

Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi menghalangi penyerapan kalsium dan mineral di usus, sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium yang seharusnya imbang dari asupan kalsium dalam makanannya. Hal ini menyebabkan kalsium keluar lebih banyak daripada yang seharusnya dan dikeluarkan lewat urin. Akibatnya, cadangan kalsium tubuh menjadi berkurang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Osteoporosis International” menunjukkan bahwa secangkir kopi bisa sedikit mengurangi penyerapan kalsium dalam tubuh dan meningkatkan output dalam urin karena efek diuretik-nya. Selain itu, penelitian lain menunjukan bahwa kehilangan massa tulang telah ditunjukkan pada orang dengan kadar kalsium total yang rendah yang minum 2 cangkir atau lebih kopi per hari. Sedangkan, studi lain di “American Journal of Clinical Nutrition” menunjukkan bahwa kepadatan mineral tulang ditemukan mengalami penurunan pada wanita yang lebih tua yang minum cola setiap hari, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari sekali setiap bulan.

Tidak hanya kalsium, dalam sebuah penelitian kolaboratif di Creighton University di Nebraska dan University of Miami, Florida, peneliti menemukan bahwa kafein dapat mengganggu penyerapan vitamin D. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology”, menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kafein, maka akan semakin mengganggu penyerapan vitamin D. Studi tersebut menunjukkan bahwa kafein melakukan ini dengan mengurangi ekspresi reseptor vitamin D pada osteoblas dalam tubuh, yaitu sel yang bertanggung jawab dalam produksi tulang.

Bila Anda adalah pecandu kopi, maka berhati-hatilah karena minuman tersebut dapat merugikan kesehatan tulang Anda. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi minuman tersebut agar cadangan kalsium di dalam tubuh Anda tidak semakin terkuras. Untuk menjaga kesehatan tulang, batasilah konsumsi kafein tidak lebih dari 300 miligram per hari. Untuk mencegah dampak negatif akibat kadar kafein berlebih, maka imbangilah dengan asupan kalsium yang mencukupi dari diet Anda.

Sumber gambar : hydrogenlivingwater.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY